SIKAP BERBISNIS PEDAGANG PASAR RAYA MALLINDO JL. GARUDA SAKTI PANAM PEKANBARU TERHADAP CALON PEMBELI MENURUT EKONOMI ISLAM

Nurzila, (2013) SIKAP BERBISNIS PEDAGANG PASAR RAYA MALLINDO JL. GARUDA SAKTI PANAM PEKANBARU TERHADAP CALON PEMBELI MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013241EI.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Dalam Islam berdagang merupakan perbuatan yang mulia, karena merupakan perwujudan dari tolong menolong dalam hal memenuhi kebutuhan orang lain. Dalam berdagang juga harus diperhatikan etika dan sikap bertransaksi dalam ekonomi Islam meliputi hal-hal sebagai berikut; jujur, ramah, sopan, tidak menjual barang diatas harga pasar dan bersikap longgar atau murah hati. Namun di Pasar Raya Mallindo terdapat beberapa etika yang dilakukan pedagang Pasar Raya Mallindo tidak sesuai dengan etika perdagangan dalam ekonomi Islam, seperti tidak bersikap ramah, tidak sopan dan mengambil keuntungan diatas harga pasar. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana Etika (sikap) pedagang Pasar Raya Mallindo terhadap calon pembeli?, Bagaimana tanggapan konsumen terhadap etika (sikap) pedagang Pasar Raya Mallindo?, Bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang sikap pedagang Pasar Raya Mallindo terhadap calon pembeli?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk sikap pedagang terhadap calon pembeli. Mengetahui tanggapan konsumen terhadap etika (sikap) pedagang Pasar Raya Mallindo. Untuk mengetahui secara mendalam tentang etika (sikap) pedagang dalam Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Pasar Raya Mallindo Jl. Garuda Sakti Panam Pekanbaru. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, yaitu; mengamati dan memperhatikan secara langsung tentang etika pedagang Pasar Raya Mallindo, angket yaitu; menulis pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan penulis ini, kemudian disebarkan kepada pedagang dan pembeli sebagai responden yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Metode yang penulis gunakan dalam penulisan skipsi ini ialah dengan metode Deduktif, Induktif, Deskriptif. Setelah mengadakan penelitian dengan mengumpulkan dan menganalisis data-data yang dibutuhkan serta ditegaskan dengan dalil-dalil yang berkaitan dengan permasalahan, penulis dapat menyimpulkan bahwa Etika (sikap) pedagang Pasar Raya Mallindo ternyata ada sebagian karyawan dalam melayani pembeli bersikap tidak sopan santun, tidak bertutur kata ramah terhadap pelanggan, dan bersikap tidak adil. Tanggapan konsumen terhadap etika pedagang Pasar Raya Mallindo adalah masih ada karyawan yang tidak bersikap sopan santun, tidak bertutur kata ramah terhadap pelanggan, memperlakukan secara tidak adil dalam melayani pelanggan, dan pelanggan pernah merasa tersinggung dengan kata-kata/perbuatan pedagang Pasar Raya Mallindo dalam menawarkan barang dagangannya. Dalam pandangan Ekonomi Islam, sikap sebagian karyawan yang tidak sopan santun, tidak bertutur kata ramah, dan memperlakukan secara tidak adil dalam melayani pelanggan serta membuat konsumen merasa tersinggung bertentangan dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Dec 2016 14:20
Last Modified: 18 Dec 2016 14:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9906

Actions (login required)

View Item View Item