PENGARUH PELAYANAN PEMBAYARAN SPP TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI SYARIAH ( Study Kasus Mahasiswa UIN Suska Riau Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum)

Rizki Amelya, (2013) PENGARUH PELAYANAN PEMBAYARAN SPP TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI SYARIAH ( Study Kasus Mahasiswa UIN Suska Riau Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013237EI.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

BRI Syariah ini merupakan salah satu lembaga keuangan Syari’ah yang sedang berkembang pada saat ini. Dimana salah satu kegiatannya adalah bekerja sama dengan UIN Suska Riau dalam hal pembayaran SPP bagi mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena nasabah semakin kritis, mereka tidak akan tinggal diam apabila merasa tidak memperoleh kepuasan sebagaimana yang diharapakan atau dijanjikan atas jasa yang diperolehnya. Tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistem penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan nasabah, meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan pelayanan terhadap populasi sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan dengan kepuasan nasabah dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang hubungan antara pelayanan dan kepuasan konsumen. Sedangkan tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan dengan kepuasan nasabah. Untuk mengetahui bagaimanakah tinjauan Ekonomi Islam tentang hubungan antara pelayanan dan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan pada Adapun penelitian ini berlokasi di UIN Suska Riau Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Jl. H. R. Soebrantas No. 115 Km. 15 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru. Adapun yang menjadi alasan penulis melakukan penelitian ditempat ini dikarenakan bank BRI Syariah Pekanbaru merupakan salah satu bank BUMN yang melakukan kerja sama dengan UIN SUSKA Riau dalam hal pendidikan yaitu berupa fasilitas pembayaran SPP bagi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 670 orang, sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 87 orang. Sumber data adalah subyek darimana data dapat diperoleh. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Suska Riau Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan study pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel pelayanan terhadap kepuasan pada BRI Syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,748. Besarnya koefisien determinasinya adalah sebesar 0,560, mengandung pengertian bahwa pengaruh pelayanan terhadap kepuasan adalah sebesar 56 % sedangkan 44 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel pelayanan terhadap kepuasan BRI Syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai dari t hitung (10,402) > t tabel (1,988) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya variabel independent berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Dimana variabel independent berupa pelayanan dan variabel dependent berupa kepuasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Dec 2016 14:16
Last Modified: 18 Dec 2016 14:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9902

Actions (login required)

View Item View Item