PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Afdillah, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201165.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok?” Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjumlah 25 orang. Sedangkan objek penelitian adalah model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yaitu tes essay yang dilakukan setiap kali pertemuan. Tes essay dilakukan untuk mengetahui skor hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah melakukan tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes belajar matematika siswa pra tindakan, diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan individual dengan skor ≥ 65 sebanyak 7 orang, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 40%. Sedangkan hasil tes belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing, pada siklus I diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan individual sebanyak 11 orang sehingga ketuntasan klasikal mencapai 44%. Pada siklus II diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan individual sebanyak 15 orang sehingga ketuntasan klasikal mencapai 60%. Sedangkan pada siklus III diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan individual sebanyak 20 orang sehingga ketuntasan klasikal mencapai 80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:23
Last Modified: 14 Jan 2016 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item