PENGARUH HARGA JUAL TIKET PESAWAT TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA PENERBANGAN PADA MASKAPAI BATAVIA AIR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Paragawati, (2013) PENGARUH HARGA JUAL TIKET PESAWAT TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA PENERBANGAN PADA MASKAPAI BATAVIA AIR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013235EI.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai harga jual tiket pesawat pada maskapai Batavia Air, harga tiket pada usaha penerbangan Batavia Air selalu mengalami perubahan setiap saat, naik-turunya harga tiket pesawat menyebabkan tingkat perkembangan permintaan pengguna jasa penerbangan berfluktuasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah harga jual tiket pesawat berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna jasa penerbangan maskapai Batavia Air. Serta bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap penetapan harga jual tiket pesawat pada maskapai Batavia Air. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Batavia Air Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah harga jual tiket pesawat dan jumlah pengguna jasa penerbangan maskapai Batavia Air pada PT. Lintas Buana Perkasa Jl. Sudirman No. 760 Pekanbaru. Sedangkan sampel penelitian ini adalah harga jual tiket pesawat dan jumlah pengguna jasa penerbangan maskapai Batavia Air pada PT. Lintas Buana Perkasa Jl. Sudirman No. 760 Pekanbaru selama tahun 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga jual tiket pesawat berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna jasa penerbangan maskapai Batavia Air. Serta bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap penetapan harga jual tiket pesawat pada maskapai Batavia Air. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien regresi variabel rata-rata harga tiket sebesar -0,00005. Artinya adalah bahwa setiap peningkatan rata-rata harga tiket sebesar Rp. 100.000, maka akan menurunkan jumlah pengguna jasa penerbangan sebanyak 5 orang. Dari hasil uji t diketahui t hitung (-0,715) < t tabel (2,228) dan Sig. (0,491) > 0,05. Artinya rata-rata harga tiket tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah pengguna jasa penerbangan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,049. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh rata-rata harga tiket terhadap pengguna jasa penerbangan adalah sebesar 4,9 %, sedangkan sisanya sebesar 95,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,220. Artinya adalah bahwa korelasi antara rata-rata harga tiket dengan jumlah pengguna jasa penerbangan memiliki hubungan yang rendah. Tinjauan Ekonomi Islam terhadap penetapan harga jual tiket pesawat maskapai Batavia Air, tidak ditemukan yang bertentangan dengan prinsip-prissip syari’ah Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Dec 2016 14:13
Last Modified: 18 Dec 2016 14:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9897

Actions (login required)

View Item View Item