PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE BERMAIN JAWABAN PADA SISWA SMP NEGERI 8 DURI KABUPATEN BENGKALIS

Fitri Andriani, (2009) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE BERMAIN JAWABAN PADA SISWA SMP NEGERI 8 DURI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2009_2011425.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII-7 SMP Negeri 8 Duri melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dengan Metode Bermain Jawaban. Strategi pembelajaran aktif dengan metode bermain jawaban merupakan suatu strategi dan metode pembelajaran untuk memperoleh suatu pengetahuan dan menguasai pelajaran dengan cara menyenangkan serta dapat mengembangkan afektif dan psikomotorik siswa sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar siswa meningkat. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMP Negeri 8 Duri, di kelas VII-7 ternyata motivasi belajar matematika siswa masih rendah. Untuk itu penulis tertarik untuk mencarikan solusi sehingga diharapkan motivasi belajar matematika siswa meningkat. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah strategi pembelajaran aktif dengan dengan metode bermain jawaban dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar Segi Empat kelas VII-7 SMPN 8 Duri?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu: satu kali pertemuan awal tanpa tindakan dan (4) empat kali siklus dengan tindakan. Pengamat mengamati perkembangan motivasi siswa dengan mengisi lembaran observasi sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptifnya dapat dilihat dari persentase ketercapaian siswa dan ketercapaian indikator. Sebelum tindakan, ada 2 orang siswa yang memiliki motivasi yang sedang dan 28 orang siswa lainnya memiliki motivasi yang rendah. Pada siklus I, ada 16 orang siswa yang masih memiliki motivasi rendah, 13 orang siswa yang motivasinya sedang dan hanya ada 1 orang siswa yang motivasinya tinggi. Pada siklus II, siswa yang motivasinya tinggi ada 7 orang dan siswa yang memiliki motivasi sedang ada 22 orang dan siswa yang memiliki motivasi yang rendah ada 1 orang. Pada siklus III, siswa yang motivasinya tinggi ada 16 orang dan siswa yang memiliki motivasi sedang ada 14 orang. Pada siklus IV, siswa yang memiliki motivasi tinggi ada 30 orang. Dan tercapainya 90% dari indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Bermain Jawaban Pada materi Bangun Datar Segi Empat pada kelas VII-7 SMP Negeri 8 Duri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:14
Last Modified: 14 Jan 2016 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item