PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP OMSET PENJUALAN PADA PT. RIAU POS INTERMEDIA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Nur Jannah, (2013) PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP OMSET PENJUALAN PADA PT. RIAU POS INTERMEDIA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013225EI.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil objek penelitian pada PT Riau Pos Intermedia Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan pada PT Riau Pos serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap promosi pada PT Riau Pos Intermedia. Hipotesis yang diajukan yaitu biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data mengenai biaya promosi dan omset penjualan dan peneliti mengambil sampel untuk 2 tahun terakhir yakni biaya promosi dan omset penjualan tahun 2011 dan 2012. Selanjutnyan teknik statistic untuk analisa data menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 16.0 Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana didapat hasil yang dapat ditulis dengan rumusan Y = 3.828.125.611 + 4,421X. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai koefisien arah regresi (b) adalah positif. hal ini nenunjukkan bahwa apabila variabel biaya promosi ditingkat satu satuan maka nilai Y mengalami kenaikan 4,421 rupiah. Hal ini menjelaskan bahwa kenaikan nilai variabel (X) memberikan kontribusi peningkatan pada nilai Y. Selanjutnya hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,060 yang berarti biaya promosi memberikan pengaruh sebesar 6% terhadap omset penjualan. Adapun analisis koefisien korelasi (R) antara variable biaya promosi dengan variable omset penjualan pada tahun 2011 dan 2012 berkorelasi sebesar 0,246 yang berarti memiliki kekuatan hubungan lemah karena nilai R (koefisien korelasi) berada diantara 0,21-0,40. Kemudian uji t (t-test) menunjukkan hasil analisis bahwa thitung yakni sebesar 1,190 lebih kecil dari ttabel untuk taraf signifikan 5% (2,06) maupun 1% (2,80). Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara biaya promosi dan omset penjualan PT Riau Pos. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap promosi yang dilakukan perusahaan masih berada dalam kondisi yang dibolehkan. Namun untuk event Pemilihan Wajah jelita baru saja disponsori Riau Pos, menurut penulis kegiatan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan Syariah, kegiatan tersebut merupakan ajang untuk memperlombakan kecerdasan wanita namun dengan busana yang tidak sesuai Syar’i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Dec 2016 13:58
Last Modified: 18 Dec 2016 13:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9881

Actions (login required)

View Item View Item