PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Syaiful Bakhri, (2012) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201293AKN.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris tentang kemampuan mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA IPA, SMA IPS dan Madrasah Aliyah IPA, dan Madrasah Aliyah IPS dalam memahami mata kuliah pengantar akuntansi yang diperoleh diperguruan tinggi. Dasar-dasar akuntansi yang dijadikan sebagai variabel dalam penelitian ini yaitu : aktiva, kewajiban dan modal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 UIN Suska Riau yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 3 yang aktif untuk tahun ajaran 2011/2012 dan telah menyelesaikan mata kuliah pengantar akuntansi 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan uji beda yaitu uji Kruskal Wallis yaitu untuk mengetahui perbedaan pemahaman tentang aktiva, kewajiban dan modal antara mahasiswa berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA IPA, SMA IPS dan Madrasah Aliyah IPA, dan Madrasah Aliyah IPS. Hasil penelitian menunjukkan pada semua variabel yaitu aktiva, kewajiban dan modal didapatkan hasil bahwa semua hipotesis ditolak karena statistik chi-square tabel 60,391 > chi-square hitung pada semua variabel, sedangkan berdasarkan nilai probabilitas signifikansi semua variabel juga menunjukkan bahwa α > 0,0 atau 5%5. Dari hasil tersebut diperoleh hasil dari penelitian ini bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan terhadap pemahaman tentang aktiva, kewajiban dan modal antara mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi, SMA IPA, SMA IPS dan Madrasah Aliyah IPA, dan Madrasah Aliyah IPS. Dengan demikian diputuskan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap dasar-dasar akuntansi tidaklah berbeda ataupun identik antara satu sama lainnya. Sekolah asal yang berbeda ternyata tidaklah menjadi faktor perbedaan bagi mahasiswa untuk memahami dasar-dasar akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Dec 2016 13:56
Last Modified: 18 Dec 2016 13:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item