Hasmidar (2013) AKTIVITAS PERDAGANGAN DAN PENGELUARAN ZAKATNYA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013189EI.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Adapun masalahnya adalah tentang aktivitas perdagangan pengeluaran zakat dan perspektif ekonomi Islam terhadap tata cara pedagang dalam mengeluarkan zakat perdagangan di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas perdagangan dan pengeluaran zakatnya, serta perspektif ekonomi Islam terhadap tatacara pedagang dalam mengeluarkan zakat perdagangan di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek penelitian adalah pedagang di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapaun populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang terdiri dari 60 orang pedagang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Setelah semua data berhasil penulis kumpulkan, maka data-data tersebut diklasifikasikan kedalam kategori-kategori berdasarkan persamaan dari jenis data tersebut kemudian antara satu data dengan data yang lain dihubungkan atau dibandingkan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Melalui penelitian ini diperoleh jawaban bahwa aktivitas perdagangan dan pengeluaran zakatnya oleh pedagang dan tata cara pedagang di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sudah sesuai dengan prinsip syariah, meski ada sebagian kecil yang belum sesuai dengan ketentuan syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Dec 2016 13:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2016 13:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9854 |
Actions (login required)
View Item |