SISTEM PROMOSI PRODUK PERUMAHAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi kasus pada perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru)

Agtma Armi, (2013) SISTEM PROMOSI PRODUK PERUMAHAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi kasus pada perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013167EI.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peminat dari pembeli untuk membeli rumah di perumahan ini. Perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru ini berdiri pada tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem promosi yang dilakukan oleh perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru ini, untuk mengetahui keefektifan promosinya dan untuk mengetahui sistem promosi produk perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru ini menurut ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), lokasi penelitian ini bertempat di Jalan Kubang Raya Km.1 kecamatan tampan kota Pekanbaru. Lokasi ini dipilih karena perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru ini merupakan perumahan yang strategis namun sedikit peminat. Subjek penelitian ini adalah direktur perusahaan, manajer pemasaran dan karyawan bagian pemasaran perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru. Populasi dan sampelnya juga oleh karyawan bagian pemasaran dan direktur pemasaran. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sistem promosi di perumahan Astam House Hunian Mewah & Strategis di Jalan Kubang Raya Km.1 Pekanbaru ini telah dilakukan dengan empat cara, yaitu periklanan, publisitas, personal selling dan promosi penjualan. Dalam proses promosinya perumahan ini tidak efektif, hal ini terlihat pada produk perumahan yang ditawarkan kurang laku atau tidak laku sesuai dengan target yang telah ditetapkan yaitu 5 unit perbulannya. Menurut ekonomi Islam terbagi dua. Pertama, kegiatan periklanan, publisitas dan promosi penjualannya sudah sesuai dengan prinsip Islam. Kedua, kegiatan personal sellingnya belum sesuai dengan prinsip Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Dec 2016 12:49
Last Modified: 18 Dec 2016 12:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9832

Actions (login required)

View Item View Item