PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBULATAN UANG SISA PEMBELIAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Giant MTC Panam)

Sucica, (2013) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBULATAN UANG SISA PEMBELIAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Giant MTC Panam). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013152EI.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBULATAN UANG SISA PEMBELIAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Giant MTC Panam)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya praktik pembulatan uang sisa pembelian yang dilakukan di Giant MTC Panam.Praktik pembulatan uang sisa pembelian ini terkesan hanya menguntungkan salah satu pihak karena dilakukan tanpa adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Dari latar belakang inilah muncul permasalahan yaitu bagaimana praktek pembulatan uang sisa pembelian yang dilakukan di Giant MTC Panam, bagaimana dampak ekonomis praktek pembulatan uang sisa pembelian terhadap perusahaan, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap praktek pembulatan uang sisa pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan praktek pembulatan uang sisa pembelian yang dilakukan di Giant MTC Panam, untuk mengetahui dampak ekonomis praktek pembulatan uang sisa pembelian terhadap perusahaan, dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap praktek pembulatan uang sisa pembelian.Penelitian ini berlokasi di Giant MTC Panam, Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen dan karyawan yang ada di Giant MTC Panam. Sedangkan objek penelitiannya adalah praktek pembulatan uang sisa pembelian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan metode penulisan data deduktif, induktif dan deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa praktik pembulatan uang sisa pembelian yang dilakukan di Giant MTC Panam diakibatkan dari penetapan harga ganjil terhadap barang-barang yang diperjual-belikan. Besarnya pembulatan yang terjadi tergantung kebijaksanaan kasir. Adakalanya pembulatan itu menambah total belanja, atau sebaliknya mengurangi total belanja. Hasil dari pembulatan ini dihitung sebagai keuntungan.Sebagian besar customer lebih setuju dan ikhlas jika hasil dari pembulatan uang sisa pembelian rsebut disumbangkan.Karena menurut mereka itu akan lebih bermanfaat. Praktik pembulatan uang sisa pembelian yang dilakukan di Giant MTC Panam ini tidak berdampak negatif terhadap perusahaan. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian, bahwa mayoritas konsumen tidak mempermasalahkan praktik pembulatan uang sisa pembelian ini. Meskipun mereka mengetahui adanya praktik pembulatan uang sisa di sana, mereka tetap berkeinginan untuk berbelanja di Giant MTC Panam. Praktik pembulatan uang sisa pembelian yang dilakukan oleh pihak Giant ini kurang sesuai dengan etika bisnis Islam. Dalam Islam, seharusnya bisnis itu dilakukan secara transparan dan tidak merugikan serta menzalimi pihak yang lain. Pada kenyataannya, pembulatan ini dilakukan tanpa persetujuan salah satu pihak (customer) dan hanya menguntungkan salah satu pihak serta merugikan pihak yang lain (customer). Dalam hal ini terdapat praktik pengambilan hak orang lain dan menzalimi salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Dec 2016 10:00
Last Modified: 16 Dec 2016 10:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9820

Actions (login required)

View Item View Item