STRATEGI PEMASARAN UD. KIPANG DIAN SIPOLU-POLU PANYABUNGAN MADINA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT EKONOMI ISLAM

Saifuddin, (2013) STRATEGI PEMASARAN UD. KIPANG DIAN SIPOLU-POLU PANYABUNGAN MADINA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013142EI.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang penulis mengambil judul ini adalah bagaimana strategi pemasaran dan kendala-kendala dalam memasarkan hasil produk UD. Kipang Dian Sipolu-Polu Panyabungan Madina dan bagaimana strategi pemasaran UD. Kipang Dian menurut Ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Madina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan kendala-kendala startegi pemasaran UD. Kipang Dian Sipolu-Polu Panyabungan Madina serta tinjauan Ekonomi Islam tentang strategi pemasaran UD. Kipang Dian dalam meningkatkan penjualannya. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan menganalisa buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder yang kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha/pengelola, karyawan yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 2 orang pemilik usaha/pengelola dan 6 orang karyawan serta seluruh konsumen UD. Kipang Dian. Mengingat karena jumlah konsumennya yang begitu banyak dan sering berganti maka teknik pengambilan sampel yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penulis memilih orang sebagai sampel dengan memilih orang yang benar-benar mengetahui atau memiliki kompetensi dalam topik penelitian. Di mana orang yang dijadikan sampel adalah yang pernah membeli dan mengkonsumsi serta mengetahui tentang produk UD. Kipang Dian ini. Sampel yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah 54 orang yang terdiri dari 2 orang pemilik, 2 orang karyawan serta 50 orang konsumen UD. Kipang Dian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa UD. Kipang Dian dalam memasarkan produknya masih disekitar Madina, dengan menggunakan strategi pemasaran tradisional tanpa ada pengembanagan pemasaran seperti pengemasan yang bagus, sistim promosi dan distribusi yang baik sehingga masyarakat luar Madina kurang mengenal kipang ini sebagaimana diketahui bahwa kipang ini adalah makanan khas/oleh-oleh dari Madina. Kemudian kendala-kendala startegi pemasaran UD. Kipang Dian dalam meningkatkan penjualan adalah bahan baku, modal, pengetahuan pemasaran yang efektif, faktor cuaca dan lokasi pemasaran. Strategi pemasaran UD. Kipang Dian sesuai dengan Ekonomi Islam karena dalam memasarkan produknya tidak berlebih-lebihan atau sesuai dengan fakta yang ada. Di mana mulai dari produk, promosi harga maupun distribusi tidak melanggar syariat Islam. Namun dalam produk, promosi maupun distribusi perlu dikembangkan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:28
Last Modified: 16 Dec 2016 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item