MANAJEMEN BISNIS BEBEK GORENG H. SLAMET DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI PEKANBARU)

Nurmai Restya H, (2013) MANAJEMEN BISNIS BEBEK GORENG H. SLAMET DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013135EI.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: Manajemen Bisnis Bebek Goreng H. Slamet Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Pekanbaru), latar belakang penulis mengambil judul ini karena usaha tersebut berkembang pesat serta menerapkan manajemen bisnis Islami. Adapun masalah yang di teliti adalah: bagaimana manajemen bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru, bagaimana analisa SWOT bisnis bebek goreng H. Slamet dalam meningkatkan penjualan, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pengolahan bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasikan di Jalan Sudirman dan Soebrantas Panam Pekanbaru.Populasi dalam penelitian ini adalah manager, asisten manager,humas, keuangan, supervisor,kabag produksi, kebersihan, promosi, SDM, dan karyawan di Jalan Sudirman 80 orang dan diJalan Soebrantas Panam 20 orang, jumlah seluruh populasi 109. Karena jumlah populasinya banyak, maka penulis mengambil 15 orang untuk di jadikan sampel dalam penelitian. Sampel yang di ambil pada rumah makan bebek goreng H. Slamet di Jalan Sudirman berjumlah 10 orang, sedangkan sampel yang di ambil di Jalan Soebrantas Panam berjumlah 5 orang. Teknik yang digunakan Purposive sampling ( Pengambilan subjek sesuai dengan tujuan) Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan pada bisnis bebek goreng H. Slamet, dan sumber data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari referensi perpustakaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru, analisa SWOT bisnis bebek goreng H. Slamet dalam meningkatkan penjualan, dan tinjauan ekonomi Islam terhadap pengolahan bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru. Dengan metode pengumpulan data secara observasi,wawancara, telaah pustaka. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dimana setelah data dikumpul kemudian dilakukan penganalisaan secara kualitatif lalu digambarkan dalam bentuk uraian. Setelah penelitian ini dilakukan dan dianalisis, dapat diketahui bahwa manajemen bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru sangat berpotensi dalam menambah tenaga kerja dan dapat mengurangi tingkat pengangguran serta dapat mengembangkan usaha kuliner di Indonesia berdasarkan prinsip Spritual bisnis. Problematika pada manajemen bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru yaitu kendalanya dalam bidang penjualan yaitu kurangnya kuota pada bahan baku dan kurangnya pemasok / supplier pada bahan baku. Sedangkan tinjauan ekonomi Islam mengenai pengolahan bisnis bebek goreng H. Slamet di Pekanbaru tidak bertentangan dengan syari’at Islam karena usaha ini berperan dalam menjalankan usaha sesuai dengan aturan Islam. Dimana dari cara proses pengolahan yang dilakukan, dan produk yang ditawarkan pada rumah makan bebek goreng H. Slamet Halalan Toyyiban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:23
Last Modified: 16 Dec 2016 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item View Item