Ida Rianti (2013) PERANAN SALES PROMOTION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. CEMPAKA MANDIRI TELUK KUANTAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013132EI.pdf Download (361kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul:Peranan Sales Promotion Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada CV. Cempaka Mandiri Teluk Kuantan Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini dilatar belakangi karena sales promotion seharusnya meningkatkan penjualan dan menarik konsumen agar konsumen tersebut segera membeli produk atau jasa yang ditawarkan, namun pada kenyataannya hasil penjualan perusahaan ini menurun. Adapun masalah yang di teliti adalah: bagaimana peranan sales promotion dalam meningkatkan penjualan pada CV. Cempaka Mandiri, apa saja upaya yang dilakukan oleh sales promotion dalam meningkatkan penjualan, danbagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap sales promotion dalam upaya meningkatkan penjualan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasikan di Jalan Proklamasi no. 87 Sei Jering, Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan, sales dan distributor (penyalur),yang suluruhnya berjumlah 21 orang.Adapun dalam menentukan sampel, penulis menggunakan tehknik purposive sampling, yaitu metode pemilihan sampel dengan cara sengaja memilih sampel-sampel tertentu (mengabaikan sampel-sampel lainnya) berdasarkan tehknik ini penulis mengambil sampel pimpinan dan karyawan bagian pemasaran yang berjumlah 2 orang, sales yang berjumlah 6 orang dan distributor yang berjumlah 4 orang. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan pada CV. Cempaka Mandiri, dan sumber data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari referensi perpustakaan. Tujuan penelitian adalah untukmengetahui peranan sales promotion dalam meningkatkan penjualan pada CV. Cempaka Mandiri, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh sales promotion dalam meningkatkan penjualan, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap sales promotion dalam upaya meningkatkan penjualan.Dengan metode pengumpulan data secara observasi,wawancara, angket, dan telaah pustaka. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dimana setelah data dikumpul kemudian dilakukan penganalisaan secara kualitatif lalu digambarkan dalam bentuk uraian. Setelah penelitian ini dilakukan dan dianalisis, dapat diketahui bahwa sales promotion memiliki beberapa peran dalam meningkatkan penjualan, yaitu: mempromosikan produk, membujuk pembeli, memberikan informasi, perantara antara dealer dan pembeli dan menstimulasi atau mendorong pembeli.Upaya yang dilakukan oleh sales promotion dalam meningkatkan penjualan adalah: dengan cara memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, melakukan promosi melalui penyebaran brosur, turun langsung kelapangan, mengadakan pameran, promosi melalui pemasangan spanduk dan mempromosikan melalui media elektronik. Sedangkan tinjauan ekonomi Islam mengenai sales promotion tidak bertentangan dengan ajaran Islam karena fee yang didapatkan sales bisa disebut dengan jialah dimanasales dan jialah sama-sama mendapatkan upah atau imbalan atas suatu pekerjaan yang dilakukannya. Dalam Islam jialah diperbolehkan karena jialah hukumnya mubah, hal ini didasari karena jialah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, dalam Islam sales dapat juga disebut dengan ijarah, dimana ijarah atau sewa-menyewa berarti ’’balasan” atau “imbangan” yang diberikan sebagai upah sesuatu pekerjaan. Tetapi, jika ditinjau dari segi berpakaian sales promotion belum sesuai dengan ajaran agama Islam karena masih ada sales promotion girl (SPG) nya yang tidak memakai jilbab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 16 Dec 2016 04:06 |
Last Modified: | 16 Dec 2016 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9802 |
Actions (login required)
View Item |