MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH RASULULLAH MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RUMBAI PESISIR KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU

Jusnaini, (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH RASULULLAH MELALUI STRATEGI EKSPOSITORI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RUMBAI PESISIR KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011210.pdf

Download (802kB) | Preview

Abstract

Penggunaan strategi yang tepat sangat diperlukan tidak hanya agar tujuan pembelajaran tercapai akan tetapi juga yang lebih penting dapat menin8ka keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa proses pembelajaran tidak sesuatu beban akan tetapi sesuatu yang menyenangkan dan menjadi kebutuhan bagi kehidupannya. Di SDN 004 Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajataa Kisah ra sullah di Kelas V, guru sudah berusaha melaksanakan kegiatan mengajar dengan baik, seperti telah melakukan persiapan mengajar dengan menggunakan silabus, telah menjelaskan kisah Rasulullah dengan baik, teleh meminta sisa melaksanakan tugas yang diberikan,, mendorong siswa untuk rajin dalam belajar. Akan tetapi dalam pembelajaran tersebut, masih ada siswa yang belum aktif, gejala -gejala seperti siswa acuh tak acuh sewaktu guru menerangkan pelajaran, siswa berbicara sewaktu guru menerangkan pelajaran, siswa keluar masuk kelas sewaktu guru menerangkan pelajaran, sebagian siswa ada yang yang bermian sewaktu proses pembelajaran, sebagian siswa tidak mau menjawab pertanyaan guru dalam belajar, sebagian siswa tidak aktif dalam mengajukan pertanyaan kepada guru, sebagian siswa mengganggu teman- temannya sewaktu berlangsungnya proses pembelajaran. Berdasarkan analisa penulis sementara, bahwa gejala-gejala tersebut di atas, kurangnya keinampuan guru dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, sehingga kurang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Pada dasarnya banyak strategi yang bias dipilih dan digunakan oleh guru dalam proses pcmbelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, diantaranya adalah melalui Strategi expository. Strategi Pembelajaran expository adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyanpaian materi secara verbal dari seorang guru kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Berdasarkan strategi yang dijelaskan tersebut, penulis ingin menelitinya dengan judul: " Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Kisah Rasulullah melalui Strategi Ekspositori di kelas V SDN 004 Rumbau Pesisir Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru”. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan pembelajaran ,implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil pe nelitian tindakan kelas yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran Kisah Nabi Ayub As melalui metode ceramah dan tanya jawab (sebelum tindakan kelas) di kelas V SDN 004 Rumbai Pesisir Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru , kurang baik (40%). Aktivitas siswa dalam pembelajaran kisah Rasulullah melakukan ekspositori di kelas V SDN 004 Rumbai Pesisir Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru adalah baik (87%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:09
Last Modified: 22 Dec 2015 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item