UPAYA DEPOT AIR MINUM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru)

Desmania Reza, (2013) UPAYA DEPOT AIR MINUM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013101EI.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Depot Air Minum Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai perkembangan industri air minum dalam kemasan yang kini semakin kompetitif, hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan usaha depot air minum isi ulang ditengah persaingan yang ketat dengan segala faktor pendorong dan penghambatnya dipasaran. Penulis mengambil lokasi penelitian di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, karena lokasi tersebut merupakan lokasi yang padat pemukiman warga dengan tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi dengan berbagai kesibukannya serta lajunya tingkat pertumbuhan usaha dengan persaingan yang ketat, begitu pula dengan usaha depot air minum kemasan galon ini berkembang dengan pesatnya. Penelitian ini memiliki rumusan permasalahan yaitu bagaimana upaya yang dilakukan depot air minum dalam meningkatkan penjualan, apa saja faktor pendorong dan penghambat penjualannya, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap upaya depot air minum dalam meningkatkan penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh depot air minum dalam memasarkan dan meningkatkan penjualannya ditengah persaingan yang ada, mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan kendala/penghambat yang dihadapi oleh depot air minum dalam pemasarannya, serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap upaya yang dilakukan depot air minum dalam meningkatkan penjualannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisa desktiftif kualitatif yiatu metode penulisan dengan mengklasifikasikan data-data berdasarkan data persamaan data sejenis yang kemudian diuraikan sedemikian rupa sehingga diperoleh gambaran umum yang utuh tentang masalah tersebut. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Sedangkan perolehan data yang didapat dengan cara wawancara, observasi dan angket. Sementara itu, populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 2.192 orang yang terdiri dari pemilik usaha depot air minum 15 orang, pekerja depot air minum 27 orang dan konsumen sebagai pelanggannya berjumlah 2.150 orang. Karena jumlah populasi yang cukup banyak dan mengingat biaya serta waktu yang tidak mencukupi maka penulis mengambil sampel sebanyak 5,74% dari 2.192 orang yaitu sebanyak kurang lebih 125 orang koresponden. Dalam hal ini penulis menggunakan tekhnik random sampling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Dec 2016 09:03
Last Modified: 15 Dec 2016 09:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item