Haris Hasibuan (2013) PELAYANAN GARANSI BAGI KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SAHNIA KOMPUTER PEKANBARU MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201399EI.pdf Download (530kB) | Preview |
Abstract
Sikripsi ini mengkaji tentang “ Pelayanan Garansi Bagi Konsumen dalam Menigkatkan Penjualan Pada Toko Sahnia Komputer Pekanbaru Menurut Tinjauan Ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat lapangan yang dilakukan di Jl. Subrantas Panam, Kec Tampan, Pekanbaru. Latar belakang masalah penulis mengambil judul ini adalah bahwa kegiatan pelayanan garansi bagi konsumen yang dilakukan oleh Toko Sahnia Komputer bukanlah hal yang asing bagi masyarakat. Kegiatan pelayanan itu dilaksanakan untuk meningkatkan penjualan ataupun salah satu kegiatan untuk tercapainya target penjualan. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan garansi bagi konsumen. Hal ini perlu diteliti, karena pelayanan garansi yang baik sangat berpotensi dalam menigkatkan penjualan, karena pelayanan garansi itu sudah sesuai dengan peraturan pemerintah. Sedangkan menurut tinjauan ekonomi Islam mengenai pelayanan garansi bagi konsumen dalam meningkatkan penjualan sudah sesuai dengan syaria’t Islam karena dalam pelayanan garansi terdapat unsur- unsur tolong menolong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Toko Sahnia Komputer Jl. Subrantas Panam, Kec Tampan, Pekanbaru. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data perimer yaitu data yang diperoleh langsung dari pembeli yang telah mendapat pelayanan garansi di Toko Sahnia Komputer Pekanbaru, dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari informasi – informasi yang bersangkutan dengan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan garansi bagi konsumen dalam meningkatkan penjualan di Toko Sahnia Komputer Pekanbaru, apa faktor-faktor pendorong dan penghambat pelayanan garansi komputer bagi konsumen di Toko Sahnia Komputer Pekanbaru, dan bagaimana menurut Ekonomi Islam terhadap upaya meningkatkan penjualan melalui pelayanan garansi komputer bagi konsumen. Dengan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan deskriptifdengan metode penulisan deduktif, induktif dan dan deskriptif. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pelayanan garansi yang dilakukan Toko Sahnia Komputer seperti penyediaan suku cadang, dan msalah pada software. Faktor pendorong dalam meningkatkan penjualan yaitu banyaknya pembeli yang tidak biasa memperbaiki komputernya apabila terjadi nanti kerusakan sehingga diadakan pelayanan garans. Sedangkan penghambat Toko Sahnia Komputer dalam pelayanan garansi lamanya waktu dalam perbaikan sehingga pembeli memilih untuk memperbaiki ke orang lain walaupun mereka mengeluarkan biaya. Secara ekonomi Islam pelayanan garansi komputer bagi konsumen dalam meningkatkan penjualan sudah sesuai, sebagai mana di jelaskan dalam surat Al Maidah ayat 2 yang mengajarkan agar saling tolong dalam kebaikana bukan tolong menolong dalam kejahatan. Selain itu pelayanan garansi yang di lakukan Toko Sahnia Komputer dapat meningkatkan penjualan dibuktikan jika dibandingkan dengan komputer yang terjual pada tahun 2010, 2011, dengan tahun 2012.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 09:00 |
Last Modified: | 15 Dec 2016 09:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9788 |
Actions (login required)
View Item |