STRATEGI SOSIALISASI RUMAH ZAKAT CABANG PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEMBAYAR ZAKAT MASYARAKAT MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Ummunikmatun Abada, (2013) STRATEGI SOSIALISASI RUMAH ZAKAT CABANG PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEMBAYAR ZAKAT MASYARAKAT MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201386EI.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya potensi zakat di Indonesia yang dapat diserap dari masyarakat. Badan dan Lembaga Amil Zakat sangat diharapkan dalam hal pemungutan dan pengelolaan dana zakat, Tetapi, dilapangan dalam pengumpulan dana zakat tersebut sering ditemui hambatan oleh Lembaga Amil Zakat, salah satunya yaitu pemahaman masyarakat akan kewajiban masyarakat masih kurang. Oleh karena itu, perlunya sosialisasi yang mendalam ditengah-tengah masyarakat perlu dilakukan sebagai bentuk penyadaran masyarakat akan kewajiban zakat. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana strategi sosialisasi yang dilakukan Rumah Zakat Cabang Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran membayar zakat masyarakat, dan juga bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi sosialisasi yang dilakukan oleh Rumah Zakat Cabang Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran membayar zakat masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sosialisasi Rumah Zakat Cabang Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran membayar zakat masyarakat dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi sosialisasi yang dilakukan oleh Rumah Zakat Cabang Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran membayar zakat masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Zakat Cabang Pekanbaru yang beralamat di Jl. Tuanku Tambusai No 34 D, Kel. Jadirejo, Kec. Sukajadi Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 7 orang yang terdiri dari pimpinan dan karyawan funding Rumah Zakat Cabang Pekanbaru, dikarenakan jumlahnya sedikit penulis menggunakan metode total sampling, yaitu dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Sumber data yang dipakai yaitu data primer dan data sekunder dan analisa datanya adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisa data dengan jalan mengklasifikasi data-data berdasarkan kategori kategori atas dasar persamaan jenis data tersebut, kemudian diuraikan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan buku-buku pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, strategi sosialisai Rumah Zakat Cabang Pekanbaru yaitu dengan Zakat Authorized Agency (ZAA), talk show di radio, promosi melalui media, publikasi laporan keuangan dan kemudahan berdonasi. Strategi tersebut dirasa cukup efektif dikarenakan dapat mempengaruhi peningkatan donasi yang diterima setiap tahunnya. Tinjauan ekonomi Islam mengenai Strategi Sosialisasi Rumah Zakat Cabang Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran membayar zakat masyarakat sudah sesuai dengan syariat Islam, dan Rumah Zakat juga telah melaksanakan prinsip-prinsip yang seharusnya dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat yaitu amanah, transparan dan profesionalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:51
Last Modified: 15 Dec 2016 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item