IMPLEMENTASI SISTEM JEMPUT BOLA TERHADAP MASYARAKAT UMKM PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP LUBUK SIKAPING SUMATERA BARAT MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Nurul Fadlilah, (2013) IMPLEMENTASI SISTEM JEMPUT BOLA TERHADAP MASYARAKAT UMKM PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP LUBUK SIKAPING SUMATERA BARAT MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201385EI.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulis mengambil judul ini karena banyaknya bank-bank umum yang berdiri dan telah lama dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Pasaman membuat persaingan semakin ketat, serta adanya para pelaku ekonomi riil yang dikenal dengan nama bank plecit atau para rentenir dikalangan masyarakat pedagang yang memiliki tingkat perekonomian yang lemah ditambah juga dengan Bank Syariah Mandiri KCP Lubuk Sikaping yang tergolong baru dan merupakan satu-satunya Bank Syariah yang terdapat di daerah tersebut serta kultur masyarakat di Kabupaten Pasaman yang masih belum mengenal Bank Syariah secara mendetail, sehingga perlunya strategi pemasaran yang jitu dan dianggap tepat agar bank dipilih oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem jemput bola yang dilakukan pada bagian pemasaran Bank Syariah Mandiri KCP Lubuk Sikaping, faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian sistem jemput bola oleh Bank Syariah Mandiri KCP Lubuk Sikaping serta bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap implementasi sistem jemput bola tersebut. Penelitian ini diadakan pada PT.Bank Syariah Mandiri yang berada di Jalan Jendral Sudirman No. 19-20 kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman-Sumatera Barat. Responden dari penelitian ini adalah pimpinan dan seluruh karyawan pada Bank Syariah Mandiri KCP Lubuk Sikaping dengan metode pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi yang di anggap relevan dengan keperluan penelitian. Adapun penganalisaan data adalah secara deskriptif yaitu penganalisaan data yang bersifat penjelasan atau penguraian data dan informasi yang kemudian diakitkan dengan teori-teori yang mendukung pembahasan dan konsep yang relevan kemudian disimpulkan. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sistem jemput bola merupakan salah satu strategi yang sangan efektif dalam kegiatan pemasaran bagi Bank Syariah Mandiri KCP Lubuk Sikaping. Sistem ini merupakan daya tarik tersendiri dimana pihak bank tidak hanya menunggu calon nasabah datang untuk menjadi nasabah, namun pihak bank harus secara proaktif dalam mencari nasabah dengan cara melakukan sosialisasi, promosi terhadap produk dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hal ini dilakukan guna untuk mempermudah dan sekaligus menarik perhatian masyarakat sehingga mereka menjadi nasabah bank. Strategi tersebut terealisasi dengan baik, dengan hasil yang diperoleh dengan meningkatnya nasabah pada Bank Syariah Mandiri dari tahun ke tahun. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap pemasaran produk pada Bank Syariah Mandiri KCP Lubuk Sikaping tidak terdapat hal-hal yang bertentangan dengan syaria’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:50
Last Modified: 15 Dec 2016 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item