Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RETRIBUSI SAMPAH DALAM MENINGKATKAN KEBERSIHAN DITINJAU DALAM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PERUMAHAN DI KECAMATAN TAMPAN)

Fernanda Rizal (2013) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RETRIBUSI SAMPAH DALAM MENINGKATKAN KEBERSIHAN DITINJAU DALAM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PERUMAHAN DI KECAMATAN TAMPAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201374EI.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Salah satu pelayanan jasa yang diberikan oleh pemerintah adalah pelayanan retribusi sampah, pelayanan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menangani masalah sampah, karena sampah yang dihasilkan masyarakat akan dibawa jauh dari pemukiman. Namun di perumahan-perumahan yang akan penulis teliti terlihat bahwa sampah yang dihasilkan masyarakat sering terjadi penumpukkan dan keterlambatan dalam pengangkutannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang mengambil lokasi pada perumahan yang ada di Kecamatan Tampan. Sedangkan sifat penelitian ini adalah observasional research dengan cara survey, artinya peneliti mengumpulkan data langsung ke lokasi penelitian, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa Persepsi masyarakat terhadap pelayanan retribusi sampah dalam meningkatkan kebersihan di perumahan Kecamatan Tampan kurang baik terutama pelayanan yang dilakukan langsung oleh pihak kelurahan. Hal ini dikarenakan sampah yang dihasilkan masyarakat sering terjadi keterlambatan pengangkutan yang dilakukan oleh pihak pekerja retribusi sampah. keterlambatan yang dilakukan disebabkan faktor ketidak puasan para perkerja terhadap gaji yang diterima dari pihak pemerintah daerah maka dari itu membuat para pekerja tidak serius menangani masalah sampah.maka dari itu pihak pemerintah daerah harus memperhatikan kembali para pekerja retribusi. Pelayanan retribusi sampah dalam meningkatkan kebersihan ditinjau dalam Ekonomi Islam, belum memperlihatkan hasil yang maksimal. Di dalam pelayanan Ekonomi Islam yang penulis ketahui harus memperlihatkan sikap tanggung jawab, tepat waktu, istiqamah dan ikhlas dalam bekerja atau melayani. Hal ini belum tercermin oleh pihak retribusi sampah. maka dari itulah pihak retribusi sampah harus menanamkan sikap melayani yang dianjurkan dalam Ekonomi Islam agar pelayanan yang diberikan berdampak baik dan memuaskan bagi masyarakat banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:50
Last Modified: 15 Dec 2016 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item View Item