Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEKANISME PENENTUAN HARGA JASA PERCETAKAN PADA USAHA PERCETAKAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKA DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Study Pada Usaha Percetakan Di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru)

Fitriani Lasari (2013) MEKANISME PENENTUAN HARGA JASA PERCETAKAN PADA USAHA PERCETAKAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKA DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Study Pada Usaha Percetakan Di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201373EI.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa harga merupakan hal penting dalam aspek pemasaran, harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga sangat menentukan laku tidaknya produk atau jasa. Banyak promosi yang memasang harga yang terendah agar dapat menarik minat konsumen, padahal bahan baku untuk membuat kartu undangan itu sangat mahal. dalam penelitian ini yang menjadi permasalahnnya ialah bagaimana cara para pengusaha menentukan harga kartu undangan. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis membuat rumusan masalah yaitu Bagaimana mekanisme penentuan harga kartu undangan? Bagaimana cara usaha percetakan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat? Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap mekanisme penentuan harga kartu undangan pada usaha percetakan?. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di seluruh pengusaha percetakan sukajadi Pekanbaru. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha percetakan yang berjumlah 67 pengusaha. Dari populasi tersebut penulis mengambil sampel 50% atau 33 pengusaha yang tersebar di Kecamatan Sukajadi dengan menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak semua individu dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang secara langsung yang diambil dari pengusaha percetakan dengan cara mengajukan wawancara dan angket. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku ataupun referensi lainnya yang memiliki relevansi dengan pembahasan yang penulis teliti. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha percetakan secara umum, harga terbentuk atas adanya tawar menawar antara pemilik usaha dengan konsumen. Harga yang diberikan di sesuaikan dengan kebutuhan kemampuan konsumen. Pengusaha memberikan atau menawarkan harga sesuai kebutuhan konsumen, menawar sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan konsumen. Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat usaha percetakan sangat berperan di karenakan usaha ini mampu mempekerjakan karyawan, walaupun gaji atau upah yang di berikan dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan hasil kerja yang dikerjakan. Dalam prinsip ekonomi Islam, harga itu tidak ditentukan karena dalam sistem ekonomi Islam tujuan utama dalam melakukan transaksi yaitu mencapai Ridho Allah yang berdasar pada nilai-nilai Ilahiah demi mewujudkan kemaslahatan. Usaha percetakan telah sesuai dengan prinsip dan sistem ekonomi Islam yang mana tujuan transaksi untuk mencapai Ridho Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:48
Last Modified: 15 Dec 2016 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item