THE EFFECT OF USING OPINION-PROOF STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THESECOND YEAR STUDENTS AT SMPN 1 TANAH PUTIH ROKAN HILIR REGENCY

Andesra Arisandi, (2013) THE EFFECT OF USING OPINION-PROOF STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THESECOND YEAR STUDENTS AT SMPN 1 TANAH PUTIH ROKAN HILIR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013444PBI.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian di SMPN 1 Tanah Putih, guru mengajarkan membaca dari tipe buku teks siswa yang tersedia. Tipe-tipe dari buku teks mereka, siswa mengenali dan memahami tentang jenis teks. Tapi pada kenyataannya, masih banya siswa yang kesulitan dalam memahami bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dampak yang signifikan dari penggunaan strategi opinion-proof terhadap pemahaman membaca siswa pada kelas dua SMPN 1 Tanah Putih. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu; bagaimana pemahaman membaca siswa yang diajar dengan menggunakan strategi opinion-proof dan bagaimana pemahaman membaca siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi opinion-proof, apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa yang diajar dengan menggunakan strategi opinion-proof dan yang diajar tanpa menggunakan strategi opinion-proof. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Tanah Putih. Ini dilaksanakan pada Tanggal 26 Juli s/d 18 Agustus 2011. Jumlah populasi dari penelitian ini adalah 115 siswa dari empat kelas dan sampelnya berjumlah 60 siswa dari dua kelas karena jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimental (non randomized control group pretest-posttest design). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tes, test digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan siswa dalam pemahaman membaca. Ada dua macam tes: Pretest digunakan untuk menentukan kemampuan menulis siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan postest digunakan untuk menentukan kemampuan menulis siswa setelah mendapatkan perlakuan. Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa yang diajar dengan memgunakan strategi opinion-proof dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi opinion-proof, maka nilai yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus T-test kemudian dibandingkan dengan T-table dengan mempertimbangkan degree of freedom(df). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Bisa diartikan ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam pemahaman membaca antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi opinion-proof dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi opinion-proof pada siswa kelas dua SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Dengan kata lain, terdapat dampak yang signifikan dari penggunaan strategi opinion-proof terhadap pemahamam membaca pada siswa kelas dua SMPN 1 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Dec 2016 09:53
Last Modified: 14 Dec 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9754

Actions (login required)

View Item View Item