THE EFFECT OF USING MULTI-SECTION SUMMARIZATION STRATEGY TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING REPORT TEXT AT THE SECOND YEAR OF MA HASANAH PEKANBARU

Riawati, (2013) THE EFFECT OF USING MULTI-SECTION SUMMARIZATION STRATEGY TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING REPORT TEXT AT THE SECOND YEAR OF MA HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013338PBI.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal disekolah MA Hasanah, penulis menemukan beberapa siswa di sekolah tersebut mengalami kesulitan-kesulitan dalam menulis khususnya teks report. Dalam hal ini, penulis sebagai peneliti menyediakan strategi Multi Section Summarization untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks report karena strategi tersebut adalah strategi yang sesuai untuk membantu siswa menulis teks tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks report dengan menggunakan strategi Multi Section Summarization, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks report tanpa menggunakan strategi Multi Section Summarization, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks report dengan menggunakan strategi Multi Section Summarization pada siswa kelas dua MA Hasanah Pekanbaru. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Penulis mengambil non-equivalent control group design. Penulis menggunakan dua kelas sebagai sampel. Satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas lain untuk kelas kontrol. Kedua kelas tersebut diberikan perlakuan selama delapan kali pertemuan. Teknik untuk mengumpulkan data adalah tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua MA Hasanah Pekanbaru. Berdasarkan temuan penelitian, angka signifikan 0.000<0.05. Ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, dapat pula dibuktikan dari nilai rata-rata post-test kemampun menulis siswa pada kelas experiment adalah 63.91. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 51.44. Lebih jauh lagi, rata-rata peningkatan kemampuan siswa menulis pada kelas experiment adalah 11.91 (23%) sedangkan pada kelas kontrol adalah 1.36 (3%). Jadi, bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Multi Section Summarization terhadap kemampuan dalam menulis teks report pada siswa kelas dua MA Hasanah Pekanbaru. Dan strategi ini effektif untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran, khususnya pada pelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Dec 2016 09:38
Last Modified: 14 Dec 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item