Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING EYE MOVEMENT TECHNIQUE TOWARD READING FLUENCY OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT MA DAREL HIKMAH PEKANBARU

Puji Lestari (2013) THE EFFECT OF USING EYE MOVEMENT TECHNIQUE TOWARD READING FLUENCY OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT MA DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013266PBI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan KTSP, membaca adalah salah satu kemampuan dalam menguasai bahasa Inggris yang harus diajarkan dan dipelajari pada tingkat SMA/MA. MA Darel Hikmah merupakan salah satu pengguna kurikulum tersebut dalam proses belajar mengajar. Setelah melakukan studi pendahuluan di MA Darel Hikmah Pekanbaru, sebagian siswa pada kelas dua masih memiliki kelemahan dalam kecepatan bacaan. Peneliti menginterpretasikan bahwa mereka mempunyai kelemahan dalam mencari main idea dalam bacaan dan mereka tidak menggunakan waktu untuk membaca dengan efisien. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan disain penelitian adalah penelitian pre-experimental yang menggunakan kelas eksperimen. Peneliti mengambil 1 kelas dari populasi kelas 2 yang ada di MA Darel Hikmah sebagai sampel. Kelas XIA3 sebagai kelas experiment dengan menggunakan cluster random sampling. Jumlah kelas XIA3 adalah 31 siswa. Kelas ini diberikan pretest diawal, perbedaan tindakan di pertengahan dan posttest diakhir penelitian. Hasil pretest dan posttest dari kelas experiment akan dibandingkan untuk mengetahui pengaruh dari tindakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes sebagai alat untuk mengumpulkan data. Tes digunakan untuk menemukan bagaimana kecepatan membaca siswa pada teks narrative. Data dari penelitian ini adalah nilai dari kecepatan membaca siswa yang diperoleh dengan menggunakan tes membaca. Berdasarkan yang ditemukan peneliti menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan di antara kecepatan membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan tekhnik eye movement dan kecepatan membaca siswa yang diajarkan dengan sebelum menggunakan tekhnik eye movement (Three Phase Technique). Hal itu dibuktikan dengan ditemukan t o (8.401) adalah lebih tinggi dibandingkan dengan T-tabel, pada taraf significant 5% dan 1% (2.02<8.401>2.72). Dengan demikian null hypothesis (H o) ditolak, dan alternative hypothesis (H a ) diterima. Itu berarti ada pengaruh penggunaan tekhnik eye movement terhadap kecepatan membaca siswa kelas 2 MA Darel Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:22
Last Modified: 14 Dec 2016 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9736

Actions (login required)

View Item View Item