THE EFFECT OF USING JIGSAW STRATEGY TOWARDS READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT MTs PERGURUAN NURUL ISLAM SUNGAI SEGAJAH OF ROKAN HILIR REGENCY

Budi Darmawan, (2013) THE EFFECT OF USING JIGSAW STRATEGY TOWARDS READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT MTs PERGURUAN NURUL ISLAM SUNGAI SEGAJAH OF ROKAN HILIR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013210PBI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis, ditemukan bahwa sebahagian besar kemampuan membaca pada siswa masih rendah, khususnya pada membaca narrative text. Masalah ini disebabkan beberapa faktor. Misalnya; sebahagian siswa tidak bisa mengidentifikasi communicative purpose dalam narraative text, text organization, apa yang teerjadi dalam text, dan siswa tidak bisa memahami makna yang terdapat dalam narrative text. Penelitian ini diadakan di MTs Perguruan Nurul Islam Sungai Segajah Kabupaten Rokan Hilir. Subjek dari penelitian ini adalah pada siswa tahun kedua MTs Perguruan Nurul Islam Sungai Segajah Kabupaten Rokan Hilir, dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh dari penggunaan Strategi Jigsaw. Adapun jenis penelitian adalah quasi-experiment design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua. Jumlah keseluruhan populasi adalah 60 siswa. Peneliti menggunakan quasi experiment design yang hanya mengambil dua kelas sebagai sample; kelas VIIIA yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok experiment, dan kelas VIIIB yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Untuk menganalisis data,peneliti menggunakan paired sample t test melalui manual. Setelah data dianalisis, peneliti menemukan pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Jigsaw terhadap kemampuan membaca siswa pada teks naratif diMTs Perguruan Nurul Islam Sungai Segajah Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dapat dilihat dari penghitungan test-t yaitu 4.47. Nilai ini lebih besardibandingkan nilai kritik dalam tabel T yaitu 2.68 untuk taraf 1% dan 2.01 untuk taraf 5% (df=60). Dengan demikian 2.01<4.47>2.68. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ha dan diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:18
Last Modified: 14 Dec 2016 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9733

Actions (login required)

View Item View Item