THE CORRELATION BETWEEN SQ3R METHOD AND READING COMPREHANSION AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 3 PANGKALAN KURAS DISTRIC PELALAWAN REGENCY

Sri Rahayu, (2013) THE CORRELATION BETWEEN SQ3R METHOD AND READING COMPREHANSION AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 3 PANGKALAN KURAS DISTRIC PELALAWAN REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013184PBI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan gejala-gejala yang telah di ungkapkan, penulis melihat beberapa masalah yang harus dibahas dan dikuasai. Hal ini dapat dibuktikan melalui pra-research yang dilakukan oleh penulis sebelum melakukan penelitian yang menunjukkan beberepa kelemahan dari siswa seperti yang dijelaskan berikut ini: Seluruh siswa telah mempelajari metode SQ3R dalam membaca teks akan tetapi sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal, sebagian besar siswa juga masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi dalam menentukan ide pokok, sebagian besar siswa juga masih mengalami kesulitan dalam merespon makna. Seharusnya, seteleh mempelajari metode SQ3R siswa akan lebih mudah dalam menjawab soal, mengidentifikasi ide pokok, dan merespon makna. Desain penelitian ini adalah korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara metode SQ3R dan pemahaman membaca.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas dua SMPN 3 Pangkalan Kuras dan objek dari penelitian ini adalah metode SQ3R dan pemahaman membaca. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 siswa dan penulis mengambil 30% sebagai sempel. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan kuesioner untuk mengukur penerapan metode SQ3R dan tes untuk mengukur pemahaman membaca. Dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus prodak moment korelasi dengan menggunakan SPSS 17. Penulis menemukan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak dan juga dari hasil outputs terdapat tanda bintang yang berarti terdapat korelasi yang sangat signifikan. Korelasi antar dua variabel tersebut adalah positif. Itu berarti bahwa semakin sering guru menerapkan dan mengajarkan metode SQ3R kepada siswa dengan baik akan ada pengaruhnya terhadap pemahaman membaca siswa. Jadi, penerapan SQ3R method memiliki hubungan dengan pemahaman membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:14
Last Modified: 14 Dec 2016 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item View Item