THE EFFECT OF USING ZOOM LENS TECHNIQUE TOWARD THE ABILITY IN WRITING A DESCRIPTIVE PARAGRAPH OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 KUNDUR DISTRICT OF TANJUNG BALAI KARIMUN REGENCY

Richa Bayu Putri, (2013) THE EFFECT OF USING ZOOM LENS TECHNIQUE TOWARD THE ABILITY IN WRITING A DESCRIPTIVE PARAGRAPH OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 KUNDUR DISTRICT OF TANJUNG BALAI KARIMUN REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201373PBI.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan KTSP, menulis adalah salah satu kemampuan Bahasa Inggris yang harus di ajarkan dan dipelajari pada tingkat SMA. SMA N 1 Kundur merupakan salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar. Setelah melakukan pengamatan pendahuluan di sekolah itu, sebagian siswa kelas satu memiliki kelemahan dalam menulis. Peneliti menginterpretasikan bahwa mereka mempunyai kelemahan dalam menulis yang di tunjukkan dengan kurangnya kemampuan mengekspresikan ide -ide mereka dalam menulis paragraph deskriptive, tidak dapat mengekpresikan gambaran topik dengan lancar dan melakukan kesalahan dalam penggunaan simple present tense. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Teknik Zoom Lens terhadap Kemampuan Menulis Sebuah Paragraph Deskriptif pada Siswa Kelas Satu SMA N 1 Kecamatan Kundur Kabupaten TanjungBalai Karimun. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mencari perbedaan yang signifikan pada penggunaan teknik zoom lens terhadap kemampuan menulis sebuah paragraph deskriptif pada siswa kelas satu SMA N 1 Kecamatan Kundur Kabupaten TanjungBalai Karimun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang mana peneliti tidak bisa membuat kelompok partisipan baru dalam pelaksanaan penelitiannya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA N 1 Kundur. Pada penelitian ini, peneliti mengambil dua kelas; kelas eksperimen dan kelas kontrol dari enam kelas yang ada. Terdapat 40 siswa yang menjadi sampel dari jumlah populasi keseluruhannya adalah 140 siswa yang diambil secara acak berdasarkan kelas. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis. Dalam penganalisaan data, peneliti menggunakan rumus T-Test. Akhirnya, peneliti menemukan bahwa Ha diterima dan H 0 di tolak. Selain itu, dapat pula dibuktikan dari nilai rata-rata tes akhir kemampun menulis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control. Lebih jauh lagi, kategori peningkatan kemampuan menulis siswa di kelas eksperimen adalah baik, sedangkan di kelas kontrol adalah rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan teknik zoom lens terhadap kemampuan menulis sebuah paragraph deskriptif pada siswa kelas satu SMA N 1 Kecamatan Kundur Kabupaten TanjungBalai Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Dec 2016 07:45
Last Modified: 14 Dec 2016 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9711

Actions (login required)

View Item View Item