PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 015 GUNUNG BUNGSU KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Pemliati, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 015 GUNUNG BUNGSU KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011209.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SDN 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar, terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa di antaranya : Dari 28 jumlah siswa hanya sekitar 12 orang atau 43% yang berpartisipaasi aktif mengikuti pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Ketika dilakukan diskusi siswa kurang aktif, sehingga menuntut kereativitas guru untuk menggugah kaaktifan siswa khususnya pada pelajaran Agama Islam. Upaya untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa peneliti menerapan model pembelajaran aktif tipe Group Resume dalam proses pembelajaran. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan Model pembelajaran aktif tipe Group Resume dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif. Sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa diperoleh skor 384 berada pada interval 280 – 419 dengan kategori rendah. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I pertemuan 1 diperoleh jumlah skor sebesar 418 berada pada interval 280 – 419 dengan kategori rendah. Sedangkan pada pertemuan 2 diperoleh jumlah skor sebesar 466 berada pada interval 420 – 559 dengan kategori tinggi. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 diperoleh jumlah skor sebesar 486 berada pada interval 420 – 559 dengan kategori tinggi sedangkan pada pertemuan 2 diperoleh jumlah skor sebesar 541 berada pada interval 420 – 559 dengan kategori tinggi. Data ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran aktif Group Resume dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:07
Last Modified: 22 Dec 2015 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item