MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN NARATIVE DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SYNERGETIC TEACHING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH DESA TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Zalisnar, (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BACAAN NARATIVE DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SYNERGETIC TEACHING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH DESA TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012855.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan narative dalam bahasa Inggris. Gejala yang ditemui bahwa sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk menjawabnya, masih ada siswa yang kesulitan dalam menemukan kalimat penjelas dalam teks narative, terlihat hanya sebagian kecil siswa yang mampu menemukannya, dan masih ada siswa yang belum mampu menyimpulkan teks bacaan narative dengan benar, terlihat hanya sebagian kecil siswa yang mampu menyimpulkannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Synergetic Teaching dalam meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan narative dalam Bahasa Inggris siswa kelas VIII MTs PPMTI Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Synergetic Teaching dalam Bahasa Inggris, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan narative dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan narative dalam Bahasa Inggris hanya mencapai persentase 56,5% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 56,5% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan narative tergolong “Kurang Mampu”, karena 67,1% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan narative meningkat menjadi 80,6% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Synergetic Teaching, kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan narative dalam bahasa Inggris pada kelas VIII MTs PPMTI Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 10 Dec 2016 07:19
Last Modified: 10 Dec 2016 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9689

Actions (login required)

View Item View Item