Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Nelleksum (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SANGAT SEDERHANA MELALUI METODE FASTWRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 RUMBAI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012834.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Gejala yang ditemui bahwa hasil tulisan siswa masih banyak yang tidak memperhatikan penggunaan huruf besar, seperti pada awal kalimat, nama orang, dan nama tempat, siswa masih merasa kesulitan dalam menentukan letak tanda koma pada kalimat sederhana, sehingga hasil tulisan siswa masih tidak teratur, dan masih terdapat sebagian siswa yang tidak membuat tanda titik pada akhir kalimat sederhana, sehingga kalimat bercampur-campur dengan kalimat yang lainnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis kalimat sangat sederhana pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui metode Fastwriting siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Fastwriting dalam Bahasa Inggris, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis kalimat sangat sederhana dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa hanya tergolong “Kurang Mampu” dengan persentase 54,2%, siklus I meningkat menjadi 61,7% dengan kategori “Cukup Mampu”, dan siklus II meningkat dengan persentase 82,5% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76- 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Fastwriting dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Rumbai dalam menulis kalimat sangat sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 10 Dec 2016 05:11
Last Modified: 10 Dec 2016 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9682

Actions (login required)

View Item View Item