THE EFFECT OF USING VIDEO TOWARDS STUDENTS’ WRITING MOTIVATION AT THE SECOND YEAR OF STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL TEMBILAHAN INDRAGIRI HILIR REGENCY

Sayid Agustian, (2012) THE EFFECT OF USING VIDEO TOWARDS STUDENTS’ WRITING MOTIVATION AT THE SECOND YEAR OF STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL TEMBILAHAN INDRAGIRI HILIR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012686.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

alah satu permasalahan dalam pembelajaran menulis adalah guru yang cendrung menggunakan metode and media pengajaran yang konvensional. Dikarenakan menulis merupakan aktifitas yang kompleks, sekiranya penting bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai untuk pengajaran menulis yang memotivasi siswa untuk menghasilkan teks bahasa Inggris, termasuk teks narasi. Menggunakan video sekiranya dapat menjadi salah satu media yang menarik dalam pengajaran menulis teks narasi. Studi ini dimaksudkan untuk mencari pengaruh penggunaan video dalam pengajaran menulis narasi dan mengidentifikasi motivasi siswa terhadap penggunaan video dalam kegiatan menulis mereka. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi digunakan dalam studi ini dengan desain pre-test dan post-test non-equivalent group. Siswa kelas XI MAN Tembilahan diikutsertakan dalam studi ini. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan 34 siswa dan kelas kontrol dengan 33 siswa. Dari hasil penelitian, telah ditunjukkan bahwa video (video cerita narasi) efektif dalam meningkatkan motivasi menulis siswa sebagaimana ditunjukkan dalam analisa statistik dengan menggunakan t-Test dengan menjumlahkan peningkatan nilai yang didapat dari hasil pre-kuestioner dan post-kuestioner dari kedua kelas. Kemudian, studi ini juga direkomendasi kepada guru mata pelajaran bahasa Inggris untuk menggunakan video sebagai media alternatif dalam pengajaran menulis teks narasi dengan pertimbangan kemungkinan menggunakan video di dalam kelas. Sebagai tambahan, untuk studi berikutnya, ada baiknya jika video juga digunakan dalam pengajaran jenis teks lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 10 Dec 2016 03:36
Last Modified: 10 Dec 2016 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item