THE EFFECT OF USING COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) TOWARD WRITING ABILITY OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 1 KAMPAR TIMUR DISTRICT KAMPAR REGENCY

Deni Pebriza, (2012) THE EFFECT OF USING COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) TOWARD WRITING ABILITY OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 1 KAMPAR TIMUR DISTRICT KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012614.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis, ditemukan bahwa, siswa tidak bias mencapai Standar Ketuntasan Minimal keterampilan menulis. Siswa mempunyai masalah dalam kemampuan menulis mereka. Hal ini disebabkan beberapa factor. Misalnya, sebagian siswa cenderung membuat kalimat yang tidak menurut tata bahasa dalam mengungkapkan ide-ide mereka; sebagian siswa mempunyai keterbatasan kosa kata dalam mengatur ide-ide mereka. jadi, penulis tertarik melakukan penelitian tentang hal ini. Penelitian ini mempunyai tiga rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan menulis siswa yang diajar dengan pengajaran bahasa yang komunikatif, bagaimana kemampuan menulis siswa yang diajar tanpa pengajaran bahasa yang komunikatif, dan apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan pengajaran bahasa yang komunikatif terhadap kemampuan menulis siswa. Penelitian ini diadakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas dua Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dan objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan pengajaran bahasa yang komunikatif terhadap kemampuan siswa dalam menulis. Dua variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan pengajaran bahasa yang komunikatif sebagai variable X dan kemampuan siswa dalam menulis sebagai variable Y. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua dan penulis mengambil 2 kelas sebagai sampel; XI 2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI 1 yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas control. Ada dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini. Alat ukur pertama adalah observasi dan yang kedua adalah tes. Observasi dilakukan untuk mengidentifikasi implementasi dari penggunaan pengajaran bahasa yang komunikatif terhadap kemampuan siswa dalam menulis, dan tes digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menulis. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus T test secara manual. Berdasarkan hasil analisa data, penulis menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan pengajaran bahasa yang komunikatif terhadap kemampuan menulis siswa kelas dua pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur, dimana T menunjukkan 7.30 pada level signifikan 5% adalah 2.00, sedangkan pada level signifikan 1% adalah 2.65. Hal ini dapat dibaca 2.00 lebih kecil dari 7.30 lebih besar dari 2.65. Hal ini berarti Ho ditolak, sedangkan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 10 Dec 2016 02:55
Last Modified: 10 Dec 2016 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9633

Actions (login required)

View Item View Item