PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG MATERI KISAH RASUL-RASUL ALLAH DI SD NEGERI 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Saripah, (2011) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG MATERI KISAH RASUL-RASUL ALLAH DI SD NEGERI 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011208.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a) Kurangnya ketekunan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, hal ini terlihat hampir 21 siswa (60%) siswa tidak dapat mengerjakan tugas tepat pada waktunya b) Kurangnya rasa ketertarikan siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terlihat kurangnya keinginan siswa untuk bertanya saat pembelajaran di kelas c) Kurangnya pemusatan perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru d) Kurangnya rasa keingintahuan siswa terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terlihat sebagian siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. . Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan metode Inquiry kelas V SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah kisah Nabi Ayyub AS, Nabi Musa AS dan Nabi Isa AS, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan minat belajar siswa. Minat belajar siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 34,4% ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 60, 4%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 78,0 hal ini menunjukan bahwa melalui Metode Inquiry Di kelas V SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dapat diterapkan. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi ” melalui metode Inquiry dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi kisah Nabi Ayyub AS siswa kelas V di SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar” diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:05
Last Modified: 22 Dec 2015 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item