THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU

Ilham Akbar Yarmi, (2012) THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012518.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental yang secara khususnya adalah desain nonrandomized control group, pretest-posttest. Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan bahwa pemahaman membaca teks naratif siswa rendah. Sehingga penulis tertarik untuk mencoba mengatasi masalah pemahaman membaca teks naratif siswa dengan menerapkan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) sebagai strategi pengajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan dua kelas yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penulis menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks naratif. Penulis menggunakan nilai pasca tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk dianalisa menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi linear sederhana tersebut dihitung dengan menggunakan SPSS 16. Keluaran ANOVA dari analisis regersi linear sederhana tersebut kemudian digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini. Setelah dianalisa dengan analisis regresi linear sederhana, nilai p-value (Sig.) dari ANOVA adalah 0.000. Nilai level alpha (α) adalah 0.05. Nilai p-value (Sig.) lebih kecil dari nilai level alpha (α) (0.000 < 0.05). Dari hasil perhitungan tersebut, Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading- Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa pada kelas satu Sekolah Menengah Atas Al Huda Pekanbaru. Koefisien determinasi yang didapat yaitu 0.340. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca teks naratif siswa sebesar 34%. Dan peningkatan pemahaman membaca teks naratif siswa sebesar 66% dipengaruhi oleh faktor dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Dec 2016 03:09
Last Modified: 08 Dec 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9512

Actions (login required)

View Item View Item