THE EFFECT OF USING TQLR (TUNE QUESTION LISTEN AND REVIEW) STRATEGY TOWARD LISTENING COMPREHENSION OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT JUNIOR HIGH SCHOOL YKPP DUMAI

Shelfiany Fruarsih, (2012) THE EFFECT OF USING TQLR (TUNE QUESTION LISTEN AND REVIEW) STRATEGY TOWARD LISTENING COMPREHENSION OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT JUNIOR HIGH SCHOOL YKPP DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012474.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mendengar adalah keahlian yang memegang peranan yang sangat penting di dalam sebuah kelas pembelajaran bahasa asing termasuk bahasa Inggris. Dengan mendengar siswa mampu mendapat informasi dan pengetahuan dari guru atau teman mereka. Dan mendengar juga mampu memberikan pengetahuan kepada siswa tentang bahasa Inggris sesuai yang mereka harapkan. Namun, harapan tampaknya belum dapat direalisasikan. Salah satu faktor dominan adalah strategi dalam mengajar. Dalam hal ini strategi TQLR adalah strategi yang tepat untuk meningkatkan pemahaman mendengar siswa, karena strategi ini melibatkan siswa untuk saling berdiskusi dan lebih banyak mendengar untuk meningkatkan kemampuan mendengar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana pemahaman mendengar siswa yang diajarkan dengan strategi TQLR, kemudian menemukan bagaimana pemahaman mendengar siswa yang diajarkan dengan strategi biasa dan terakhir menemukan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari strategi TQLR (Tune, Question, Listen and Review) terhadap pemahaman mendengar pada siswa kelas satu SMP YKPP Dumai. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperiment semu tipe Non-equvalent Control Group Design. Adapun populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas satu SMP YKPP Dumai yang terdiri dari 151 siswa, dan terdiri dari empat kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas; VIIB dan VIIC. VIIB sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan strategy TQLR dan kelas VIIC sebagai kelas control yang diajar dengan strategy biasa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dapat dilihat dari skor uji-t. Total skor t-tes adalah 2,89. Berdasarkan t-tabel, 2.00 <2.89> 2.65. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari menggunakan strategi TQLR terhadap pemahaman mendengar pada siswa kelas satu SMP YKPP Dumai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:59
Last Modified: 08 Dec 2016 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9507

Actions (login required)

View Item View Item