A COMPARATIVE STUDY ON SPEAKING ABILITY BETWEEN THE STUDENTS TAUGHT BY USING GROUP WORK TECHNIQUE AND THOSE TAUGHT BY USING CONVENTIONAL TECHNIQUE AT THE FIRST YEAR STUDENTS OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 DUMAI

Marcella Batavia, (2012) A COMPARATIVE STUDY ON SPEAKING ABILITY BETWEEN THE STUDENTS TAUGHT BY USING GROUP WORK TECHNIQUE AND THOSE TAUGHT BY USING CONVENTIONAL TECHNIQUE AT THE FIRST YEAR STUDENTS OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012430.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Tekhnik Group Work dapat membantu siswa untuk mendapatkan ide-ide atau gagasan-gagasan dan dapat saling mendiskusikan ide-ide mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Tekhnik ini memberi kesempatan kepada para siswa untuk berpikir, menjelaskan, dan saling membantu. Berdasarkan penelitian pendahuluan pada siswa kelas satu Sekolah Menengah Negeri Atas 2 Dumai, penulis menemukan bahwa kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa masih rendah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: a. Bagaimana penggunaan tekhnik Group Work terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa? b. Apakah ada efek yang signifikan dari penerapan tekhnik Group Work? Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas satu Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dumai pada tahun ajaran 2010/2011. Objek penelitian ini adalah penggunaan tekhnik Group Work terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa dan efek dari penerapan tekhnik Group Work. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes lisan. Ada dua variabel dalam penelitian ini: variabel X adalah tekhnik Group Work, dan variabel Y adalah kemampuan berbicara siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan program komputer SPSS dengan rumus Causal comparative. Berdasarkan observasi, diperoleh bahwa hasil observasi dari penggunaan tekhnik Group Work adalah 100% dari indikator telah dilaksanakan oleh peneliti. Hasil observasi ini dalam kategori sangat baik. Kemudian berdasarkan analisis data, jumlah total nilai post-test pada kelas eksperimen adalah 1720 dan nilai rataratanya adalah 66.15. Sedangkan jumlah total post-test pada kelas kontrol adalah 1446 dan nilai rata-ratanya adalah 55.61. Dengan demikian, nilai berbicara siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai berbicara siswa pada kelas kontrol. Setelah menganalisis data dengan menggunakan program komputer SPSS, telah diperoleh bahwa tobservation adalah 5.698 yang nilainya lebih besar dari ttable pada taraf signifikan 5% (2.01) dan 1% (2.68). Hal ini berarti bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Dengan demikian, ada efek yang signifikan dari penerapan tekhnik Group Work untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas satu Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dumai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:43
Last Modified: 08 Dec 2016 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9500

Actions (login required)

View Item View Item