Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 PULAU KUMPAI KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Abrizen (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 PULAU KUMPAI KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011206.pdf

Download (798kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dari 20 siswa hanya sekitar 9 orang siswa tuntas atau hanya 45.00% yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 6.5. Pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks merupakan cara belajar mengajar yang memberikan siswa kesempatan untuk bekerjasama dengan orang lain, sehingga memicu meningkatnya hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitab-kitab Allah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitab-kitab Allah SWT siswa kelas V SDN 017 Pulau Kumpai Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 9 atau ketuntasan siswa hanya mencapai 45,00%, sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 14 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 70,00%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata siswa yang tuntas mencapai 18 orang siswa atau ketuntasan siswa mencapai 90,00%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi iman kepada kitab-kitab Allah SWT siswa kelas V SDN 017 Pulau Kumpai Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:04
Last Modified: 22 Dec 2015 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item