THE EFFECT OF READING ALOUD STRATEGY TOWARD PRONUNCIATION ABILITY AT THE FIRST YEAR STUDENTS OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 5 BUKIT KAPUR DISTRICT OF DUMAI REGENCY

Rohana, (2012) THE EFFECT OF READING ALOUD STRATEGY TOWARD PRONUNCIATION ABILITY AT THE FIRST YEAR STUDENTS OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 5 BUKIT KAPUR DISTRICT OF DUMAI REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012349.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Strategi Reading Aloud dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan cara pengucapan bahasa Inggris. Strategi ini memberi kesempatan kepada para siswa untuk membaca keras teks yang telah disediakan. Berdasarkan penelitian pendahuluan pada siswa kelas satu SMPN 5 Dumai Kecamatan Bukit Kapur, penulis menemukan bahwa kemampuan cara pengucapan bahasa Inggris siswa masih rendah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana kemampuan pronunciation siswa kelas 1 SMPN 5 Dumai? 2. Faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan pronunciation siswa kelas 1 SMPN 5 Dumai? 3. Apakah ada efek signifikan dari penerapan strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan pronunciation siswa kelas 1 SMPN 5 Dumai? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas satu SMPN 5 Dumai Kecamatan Bukit Kapur pada tahun ajaran 2011/2012. Objek penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan kemampuan pronunciation siswa, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pronunciation siswa dan untuk mengetahui efek signifikan penggunaan reading aloud untuk meningkatkan pronunciation siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes lisan. Ada dua variabel dalam penelitian ini: variabel X adalah strategi Reading Aloud, dan variabel Y adalah kemampuan cara pengucapan siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan program komputer SPSS dengan rumus Independent Samples T-Test. Berdasarkan observasi, diperoleh bahwa hasil observasi dari penggunaan strategi Reading aloud adalah 100% dari indikator telah dilaksanakan oleh peneliti. Hasil observasi ini dalam kategori sangat baik. Kemudian berdasarkan analisis data, jumlah total nilai post-test pada kelas eksperimen adalah 1694 dan nilai rata-ratanya adalah 67.56. Sedangkan jumlah total post-test pada kelas kontrol adalah 1515 dan nilai rata-ratanya adalah 60.60. Dengan demikian, nilai berbicara siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai berbicara siswa pada kelas kontrol. Setelah menganalisis data dengan menggunakan program komputer SPSS, telah diperoleh bahwa tobservation adalah 12.299 yang nilainya lebih besar dari ttable pada taraf signifikan 5% (2.06) dan 1% (2.79). Hal ini berarti bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Dengan demikian, ada efek yang signifikan dari penerapan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan kemampuan cara pengucapan siswa pada siswa kelas satu SMPN 5 Dumai Kecamatan Bukit Kapur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:14
Last Modified: 07 Dec 2016 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9489

Actions (login required)

View Item View Item