THE EFFECT OF USING COMPARISON AND CONTRAST TECHNIQUE TOWARD THE ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE ESSAY OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL BABUSSALAM BOARDING SCHOOL PEKANBARU

Elfi Rahmi Jufri, (2012) THE EFFECT OF USING COMPARISON AND CONTRAST TECHNIQUE TOWARD THE ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE ESSAY OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL BABUSSALAM BOARDING SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012304.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

SMA Pesantren Babussalam Pekanbaru adalah salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum KTSP sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar. Setelah melakukan riset pendahuluan pada sekolah ini, penulis menemukan bahwa beberapa siswa kelas satu masih memiliki kemampuan yang lemah dalam menulis esai yang membuktikan mereka menemukan kesulitan dalam menulis ide pokok dan kalimat penjelas dari sebuah esai sedangkan mereka telah mempelajarinya. Dengan demikian, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh dari Penggunaan Teknik Comparison and Contrast terhadap Kemampuan dalam Menulis Deskriptif Esai pada Siswa Kelas Satu SMA Pesantren Babussalam Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis deskriptif esai siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik comparison and contrast pada siswa kelas satu di SMA Pesantren Babussalam Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA Pesantren Babussalam Pekanbaru. Pada penelitian ini, penulis mengambil 2 kelas dari 3 kelas; kelas eksperimen dan kelas control. Ini berarti bahwa 67 siswa terlibat sebagai sampel dari 106 populasi dengan menggunakan pengelompokan sampel yg didapat secara acak berdasarkan kelas. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan test dan lembar observasi. Dalam penelitian ini, penulis menganalisa data dengan menggunakan rumus regresi melalui SPSS. Akhirnya, penulis menemukan rata-rata nilai tes akhir siswa di kelas kontrol adalah 64,85. Sedangkan rata-rata nilai test akhir siswa kelas di kelas eksperimen adalah 71,56. Dari analisa terhadap rumus regresi, dapat dilihat bahwa F hitung = 16.617 > F 0,05, 2, 65 = 4,00 dan α = 0.05 > Sig. 0.000. Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang significant terhadap kemampuan menulis deskriptif esai siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik comparison and contrast pada siswa kelas satu di SMA Pesantren Babussalam Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:52
Last Modified: 07 Dec 2016 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9479

Actions (login required)

View Item View Item