REALISASI PRODUK AHA (AFFORDABLE HYPERSPEED ACCESS) PADA PT BAKRIE TELECOM CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Rina Fitria, (2012) REALISASI PRODUK AHA (AFFORDABLE HYPERSPEED ACCESS) PADA PT BAKRIE TELECOM CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201318EI.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: REALISASI PRODUK AHA (AFFORDABLE HYPERSPEED ACCESS) PADA PT BAKRIE TELECOM CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Penelitian ini penulis lakukan pada PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru yang beralamat di Jln. Jend. Sudirman No. 50 Persimpangan Juanda Pekanbaru. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana realisasi produk AHA pada PT Bakrie Telecom cabang Pekanbaru, apa saja kendala yang dihadapi oleh PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru dalam merealisasikan produk AHA, dan bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap kegiatan realisasi produk AHA tersebut? Subjek penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah realisasi produk AHA (Affordable Hyperspeed Access). Populasi pada penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru yang berjumlah 24 orang serta pelanggan produk AHA yang berjumlah 1.263 orang. Sedangkan yang menjadi sampelnya diambil dari karyawan bagian pemasaran produk AHA sebanyak 6 orang dan 100 orang dari pelanggan produk AHA. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan berdasarkan pertimbangan peneliti yang dianggap representatif dan dipilih secara cermat dengan mengambil orang/objek penelitian yang selektif serta mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu sebagai berikut: Realisasi produk AHA PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru belum sesuai dengan yang diharapkan oleh para pelanggan. PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru belum mampu melayani kebutuhan internet berkecepatan tinggi yang handal, mobile, dan bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau. Adapun kendala yang dihadapi oleh PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru dalam merealisasikan produk AHA adalah: a). Masih minimnya BTS (Base Transceiver Station) yang dimiliki oleh PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru yang mampu mendukung jaringan CDMA EVDO di seluruh daerah Provinsi Riau dan khususnya Pekanbaru. b). Jaringan koneksi internet AHA yang mengalami masalah seperti adanya perbaikan atau maintenance sehingga mengganggu kenyamanan para konsumen atau pelanggan. c). Website atau situs AHA yaitu http://www.aha.co.id yang sulit atau tidak bisa diakses sehingga menyebabkan tidak dapat melakukan berbagai transaksi. d). Kurangnya kegiatan promosi produk AHA yang dilakukan oleh PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru. Kegiatan promosi berbagai produk AHA yang dilakukan oleh PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Promosi tersebut hendaknya dilandasi prinsip kejujuran dan selalu berusaha untuk tidak mengelabui konsumen atau pelanggan. Tetapi realita yang terjadi sebaliknya, PT Bakrie Telecom Cabang Pekanbaru menampilkan iklan atau promosi yang kurang transparan, dan tidak jelasnya informasi yang diberikan dapat menimbulkan kerancuan pada konsumen (pelanggan). Perusahaan tersebut melakukan promosi di berbagai media semata-mata untuk mencari keuntungan, tanpa memikirkan bahwa konsuman kini tidak hanya membutuhkan produk dengan harga terjangkau, akan tetapi konsumen lebih membutuhkan kejujuran dan keadilan dari perusahaan yang menawarkan produk kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:28
Last Modified: 07 Dec 2016 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9472

Actions (login required)

View Item View Item