Tri Wijayanti (2012) PELAYANAN KUD KUSUMA BAKTI BIDANG UNIT SIMPAN PINJAM (USP) TERHADAP NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012280EI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan yang diberikan KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam (USP) terhadap nasabah yang dinilai dari aspek Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty serta bagaimana tinjauan Islam terhadap pelayanan KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam(USP) terhadap nasabah. Penelitian ini dilaksanakan di KUD Kusuma Bakti khususnya dalam bidang Unit Simpan Pinjam (USP) yang terletak di jalan Utama Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam (USP) terhadap nasabah yang dinilai dari aspek Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty serta untuk mengetahui tinjauan Islam terhadap pelayanan KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam(USP) terhadap nasabah. Subjek dari penelitian ini adalah pengurus, karyawan dan nasabah KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam (USP). Objek dari penelitian ini adalah pelayanan KUD Kusuma Bakti Bidang USP terhadap nasabah. Populasi dari penelitian ini berjumlah 1320 nasabah, adapun sampel yang penulis ambil sebesar 10% dari populasi yaitu sebesar 132 nasabah dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara acak (random sampling). Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, angket dan wawancara. Metode analisa data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data dengan berpedoman kepada landasan teori yang ada, sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini yaitu bahwa KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam (USP) telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabahnya baik dari segi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Hal ini terbukti dari pernyataan para nasabah yang sebagian besar dari mereka mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan masih terus menggunakan kembali jasa tersebut. Dalam pandangan Islam memberikan pelayanan dengan adanya bukti fisik, dapat diandalkan dalam menjalankan tanggung jawab, tanggap terhadap keluhan, memberikan rasa aman dan peka terhadap kebutuhan pelanggan adalah suatu kewajiban dan harus dilaksanakan sesuai dengan syara’. Dalam penelitian ini KUD Kusuma Bakti Bidang Unit Simpan Pinjam telah melaksanakan sebaik mungkin, namun belum sepenuhnya sesuai dengan syara’, karena masih terdapat karyawan yang meninggalkan tugas ketika sangat dibutuhkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 05:00 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 05:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9441 |
Actions (login required)
View Item |