Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT SYARIAH TAMBANG KABUPATEN KAMPAR RIAU

Tri Wahyuni (2012) STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT SYARIAH TAMBANG KABUPATEN KAMPAR RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012277EI.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Promosi Personal Selling pada Produk Tabungan Mudharabah di BMT Syariah Tambang Kabupaten Kampar Riau” Adapun yang menjadi perrmasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi promosi personal selling yang dilakukan oleh BMT syariah Tambang, Apa faktor-faktor yang mempengaruhi BMT syariah Tambang dalam promosi personal selling produk Tabungan Mudharabah, Bagaimana promosi personal selling dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di BMTSyariah Tambang yang beralamat di Desa Tambang Kabupaten Kampar, adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan menganalisa buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini, data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, Data Primer yaitu data yang diperoleh langsung dari para pengusaha dan pekerja usaha percetakan batu bata. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai literatur yang ada serta dari berbagai informasi yang berhubungan dengan judul yang ditelitiyang kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, dengan mengambil sampel dari populasi menggunakan metode total sampling, Dari hasil penelitianini penulis mengambil kesimpulan bahwa BMT syariah Tambang adalah Lembaga keuangan yang menggunakan prinsip-prinsip syari’ah yang bebas dari riba, yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin yang memerlukan dana dan masyarakat yang ingin menginvestasikan dananya. dalam memasarkan produk-produk yang ada di BMT, pimpinan dan karyawan BMT menerapkan strategi promosi personal sellingyaitu promosi dengan cara langsung bertemu dengan masyarakat setempat, mendatangi sekolah-sekolah dan mendatangi rumah-rumahpenduduk sambil menagih pembiayaan kepada nasabah, serta memberikan brosur kepada masyarakat pada saat pembayaran rekening listrik.Dengan personal selling (tatap muka secara langsung) akan memudahkan untuk menyampaikan informasi, membujuk, mempengaruhi nasabah. dan masyarakat juga akan mudah mendapat impormasi yang tepat tanpa adanya penipuan. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh BMT Syariah Tambang yaitu kendala internal (dalam) disebabkan kurangnya tenaga yang professional pada bagian pemasaran melalui personal selling,dan kurangnya dana atau biaya dalam melaksanakan promosi personal selling,sedangkan kendala eksternal (luar) disebabkan oleh masyarakat itu sendiri karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara berekonomi secara Islam dan kurangnya pengetahuan masyarakat pada BMT dan produk-produk BMT syariah Tambang, dan didalam BMT itu tidak ada LPS (Lembaga penjamin simpanan), jadi masyarakat ragu akan BMT dalam mengelola keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:54
Last Modified: 07 Dec 2016 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9436

Actions (login required)

View Item View Item