THE EFFECT OF USING DIRECT METHOD ON THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT THE FIRST YEAR OF ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG DISTRICT OF BANGKINANG SEBERANG REGENCY OF KAMPAR

Wendy Hendry, (2012) THE EFFECT OF USING DIRECT METHOD ON THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT THE FIRST YEAR OF ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG DISTRICT OF BANGKINANG SEBERANG REGENCY OF KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012253.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Guru bahasa inggris di madrasah aliyah Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang kecamatan Bangkinang Seberang kabupaten Kampar telah menerapkan beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan cara memberikan penjelasan kemudian menanya dan meminta respon dari murid. Terkadang guru juga menngunakan game dan grup diskusi, guru juga telah menrapkan strategi yang menarik. Namun kenyataannya, murid juga masih bermasalah dengan kemampuan berbicaranya. Untuk memecahkan masalah itu, peniliti menawarkan suatu metode yang dinamakan direct method. Fokus utama dalam penilitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berbicara siswa sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan direct method. Di dalam penilitian ini, tipenya adalah pre-experimen. Sedangkan disain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Peniliti menggunakan satu kelas sebagai sampel yang terdiri dari 28 orang siswa. Peniliti memberikan pretest sebelum diajar dengan direct method untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa sebelum diajar dengan direct method, dan setelah diajar dengan menggunakan direct method siswa diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa setelah diajar dengan direct method. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Test digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berbicara siswa kelas satu madrasah aliyah Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang kecamatan Bangkinang Seberang kabupaten Kampar. Teknik dalam menganalisa data dengan menggunakan rumus T, itu untuk mengetahui perbedaan nilai mean pretest dan posttest siswa dengan bantuan SPSS 16. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan T-table dengan mempertimbangkan df. Berdasarkan analisa data, peniliti menemukan adanya perbedaan pada kemampuan berbicara siswa sebelum dan setelah diajar dengan direct method dengan pertimbangan to lebih besar dari ttabel baik yang 5% maupun yang 1%. Artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kemampuan berbicara siswa sebelum dan setelah diajar dengan direct method.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:33
Last Modified: 07 Dec 2016 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9430

Actions (login required)

View Item View Item