Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE CONTRIBUTION OF USING VARIOUS TEXTS BASED INTERNET TOWARD STUDENTS’ ENGLISH LEARNING MOTIVATION AT THE SECOND YEAR OF SMAN 1 TUALANG

Dwi Hari Suharto (2012) THE CONTRIBUTION OF USING VARIOUS TEXTS BASED INTERNET TOWARD STUDENTS’ ENGLISH LEARNING MOTIVATION AT THE SECOND YEAR OF SMAN 1 TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012243.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan di SMAN 1 Tualang, guru sudah menggunakan internet dalam proses belajar dan mengajar. Hal ini dapat membantu dalam pengajaran bahasa Inggris, terutama dalam pelajaran reading. Dalam proses mengajar reading, guru meminta siswa untuk mencari teks dari internet. Di internet siswa bisa mendapatkan bermacam-macam teks. Hal ini bisa membantu guru untuk menghindari siswa agar tidak bosan dalam belajar reading. Dengan siswa mencari teks di internet, siswa dapat memilih teks yang disukai sesuai dengan tema yang telah diberikan oleh guru. Berdasarkan penjelasan diatas, siswa SMAN 1 Tualang seharusnya termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Tapi pada kenyataannya, banyak siswa SMAN 1 Tualang masih malas dan tidak termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan teks yang bervariasi dari internet terhadap motivasi belajar bahasa inggris siswa kelas 2 di SMAN 1 Tualang. Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana penggunaan teks yang bervariasi dari internet siswa kelas 2 di SMAN 1 Tualang. 2. Bagaimana motivasi belajar bahasa inggris siswa kelas 2 di SMAN 1 Tualang. 3. Apakah ada kontribusi penggunaan teks yang bervariasi dari internet terhadap motivasi belajar bahasa inggris siswa kelas 2 di SMAN 1 Tualang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tualang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 - 15 Agustus 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SMAN 1 Tualang. Populasi pada penelitian ini adalah 247 siswa. Pada pengambilan sample, penulis menggunakan metode purposive sampling. Siswa kelas 2 di SMAN 1 Tualang ada 8 kelas. Penulis memilih 1 kelas dari 8 kelas tersebut, yaitu kelas XI IPA 1 karena pada kelas tersebut guru telah aktiv mengajar menggunakan internet. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan angket. Angket ini berisi sejumlah pertanyaan untuk responden yang berhubungan dengan penggunaan teks yang bervariasi dari internet terhadap motivsi belajar bahasa inggris siswa. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teks yang bervariasi dari internet di kelas 2 SMAN 1 Tualang dikategorikan KURANG ke tingkat RATA-RATA, motivasi belajar bahasa inggris siswa dikelas 2 SMAN 1 Tualang dikategorikan RATA-RATA ketingkat BAIK, dan adanya kontribusi penggunaan teks yang bervariasi dari internet terhadap motivasi belajar bahasa inggris siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:24
Last Modified: 07 Dec 2016 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item