Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KRIPIK BALADO DUA BUNDA DI PAYAKUMBUH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Shinta Juniarti (2012) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KRIPIK BALADO DUA BUNDA DI PAYAKUMBUH DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012257EI.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya usaha – usaha mikro kripik balado yang berkembang di Payakumbuh yang mengakibatkan persaingan antar pengusaha. Dimana setiap pengusaha ingin produk yang dipasarkannya paling banyak di minati oleh masyarakat. Maka terjadilah pemasaran yang tidak sesuai dengan ajaran ekonomi Islam seperti masalah promosi. Sementara dalam Islam seseorang yang ingin melaksanakan pemasaran haruslah sesuai dengan ajaran Islam yakni jujur, karena untuk mendapatkan hasil yang diridhoi oleh Allah SWT maka contohlah pemasaran yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW. Permasalahan yang diteliti adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pemasaran usaha kripik balado dua bunda, bagaimana pelaksanaannya serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan yang berjumlah 20 orang. Mengingat jumlah tidak terlalu banyak maka semua akan penulis ambil sebagai sampel. Sumber data penelitian ini yaitu dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari lokasi penelitian, sedangkan data sekunder dari literature, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi atau pengamatan langsung dilapangan. Angket yaitu pertanyaan – pertanyaan yang berupa angket yang di berikan kepada karyawan untuk memperoleh data primer. Wawancara yaitu tanya jawab langsung dengan narasumber. Data ini juga diperoleh dari dokumentasi perusahaan dan dari perpustakaan. Hasil penelitian dari usaha kripik balado dua bunda yaitu faktor – faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan pemasaran usaha kripik balado dua bunda ini adalah produk, harga, promosi, tingkat persaingan. Karena adanya penetapan harga, produk , promosi dan tingkat persaingan dimana usaha kripik balado dua bunda mampu mempertahankan usahanya dalam melaksanakan pemasaran. Terbukti bahwa masalah harga, promosi, produk, dan tingkat persaingan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan usaha kripik balado dua bunda. Banyak hal yang dilaksanakan oleh usaha kripik balado dua bunda dalam mengatasi persaingan yakninya meningkatkan cita rasa dari kripik balado, kualitas produk, minat masyarakat, intensitas promosi, pelayanan. Namun usaha kripik balado dua bunda menfokuskan dalam mengatasi persaingan dengan meningkatkan pelayanan. Karena apabila kita memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen maka konsumen tersebut akan senang dan ingin untuk membeli produk yang kita tawarkan. Pelaksanaan pemasaran yang dilaksanakan oleh usaha kripik balado dua bunda secara umum sudah sesuai dengan ajaran Ekonomi Islam namun terdapat kekurangan dalam hal promosi. Karena usaha kripik balado dua bunda dalam mempromosikan produknya melalui radio terlalu berlebihan atau kurang sesuai dengan kenyataan seperti mengatakan kripik balado dua bunda enak dan gurih, sekali coba langsung ketagihan. Sedangkan dalam Islam ini sangat dilarang. Karena dalam Islam promosi yang di benarkan adalah promosi yang mengandung nilai kejujuran, transparan dan menjelaskan apa adanya. Dan didalamnya tidak terdapat unsur kebohongan dan penipuan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Namun dalam hal persaingan, harga, produk ini telah sesuai dengan ajaran Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:23
Last Modified: 07 Dec 2016 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item View Item