Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTRIBUSI MULTI LEVEL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN ANGGOTA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PT.ORINDO ALAM AYU PEKANBARU)

Yolanda (2012) KONTRIBUSI MULTI LEVEL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN ANGGOTA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PT.ORINDO ALAM AYU PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012255EI.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Salah satu perusahaan yang mengembangkan produk-produk oriflame di Kota Pekanbaru adalah PT.Orindo Alam Ayu, penjualan produk-produk oriflame tersebut dilakukan melalui cara Multi Level Marketing (MLM), artinya penjualan berantai yang memberikan keuntungan bagi orang-orang yang mengembangkan usaha tersebut dengan sungguh-sungguh, semakin banyak anggorta yang dibawa masuk ke perusahaan maka semakin banyak pula bonus yang diperoleh oleh orang yang bersangkutan. Demikian juga halnya dengan semakin banyak orang yang membeli produk oriflamme maka semakin banyak pula keuntungan atau bonus yang diperoleh orang yang bersangkutan, dalam hal ini yang paling penting adalah bagaimana orang tersebut dapat mengajak orang lain untuk masuk sebagai anggota dan berbelanja produk-produk oriflame. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan permasalahan yakni, bagaimana kontribusi multi level marketing terhadap peningkatan perekonomian anggota oriflame pada PT. Orindo Alam Ayu Pekanbaru, serta bagaimana kontribusi multi level marketing pada PT. Orindo Alam Ayu Pekanbaru terhadap anggota menurut ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang mengambil lokasi pada PT. Orindo Alam Ayu yang bergerak di bidang MLM produk Oriflame. Sedangkan sifat penelitian ini adalah observasional research dengan cara survey, artinya peneliti mengumpulkan data langsung ke lokasi penelitian, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa kontribusi multi level marketing terhadap peningkatan perekonomian anggota oriflame pada PT.Orindo Alam Ayu Pekanbaru, memang dapat dirasakan oleh anggota, sebagaimana yang tergambar dari hasil penelitian bahwa seluruh responden menyatakan, bahwa semenjak mereka bergabung pada PT. Orindo Alam Ayu yang memasarkan produk-produk oriflame secara multi level marketing memang dirasakan bahwa penghasilan mereka meningkat dan menambah penghasila yang telah diperoleh dari yang lain, artinya kontribusi dari usaha yang mereka lakukan memang menampakkan hasil yang nyata. Kontribusi multi level marketing pada PT. Orindo Alam Ayu pekanbaru terhadap anggota menurut ekonomi Islam adalah dibenarkan, karena usaha yang dilakukan adalah jelas yakni produk-produk oriflame yang dapat secara langsung digunakan oleh si pembeli. Bisnis ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan seseorang yang memang dibenarkan dalam Islam, karena memperoleh penghasilan dengan bekerja dan dengan keterampilan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:21
Last Modified: 07 Dec 2016 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9417

Actions (login required)

View Item View Item