Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BNI TAPLUS SYARI’AH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA SYARI’AH CABANG PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

Janico Alwendi (2012) PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BNI TAPLUS SYARI’AH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA SYARI’AH CABANG PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012250EI.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Pesatnya persaingan dunia usaha membuat perusahaan menyadari bahwasanya perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan, yang diindikasikan hanya pada kondisi keuangannya saja, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungan. Pada saat ini tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR) bukan saja menjadi tren bisnis belaka, tetapi lebih dalam bentuk kegiatan amal sosial dan mendapat respon yang sang at luar biasa oleh masyarakat. CSR di indonesia mengalami kemajuan pesat, dimana sudah menjadi unsur penting bagi perusahaan dalam menjalani keberlanjutan bisnisnya, sebagai bentuk tanggung jawab atas sebuah dampak operasional. Hal itupula yang terjadi pada industri perbankan di indonesia. Dengan menggunakan strategi-strategi bisnis, dilakukan bukan hanya pada aspek teknis saja, tetapi juga harus memperhatikan hubungan aspek pada etika bisnis. PT. BNI Syari’ah Cabang Pekanbaru merancang dan menerapkan berbagai program CSR sebagai wujud kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji penerapan program CSR di BNI Syari’ah cabang Pekanbaru, (2) Menganalisis pengaruh sikap nasabah tabungan BNI Taplus Syari’ah Plus dalam penerapan program CSR terhadap loyalitas nasabah pada BNI Syari’ah cabang Pekanbaru, dan (3) Mengetahui penerapan CSR pada BNI Syari’ah cabang Pekanbaru menurut Ekonomi Islam. Penelitian dilakukan di Kantor BNI Syari’ah cabang Pekanbaru dan dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada nasabah BNI Taplus Syari’ah dan wawancara pada karyawan/ti BNI Syari’ah cabang Pekanbaru, serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan internet yang relevan dengan topik penelitian. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan memperhatikan syarat dari metode analisis yang digunakan. Beberapa program CSR yang diterapkan PT. BNI Syari’ah cabang Pekanbaru, antara lain program pendidikan, kesehatan, kemitraan, pengembangan prasarana dan sarana umum, serta bantuan korban bencana alam. Data menunjukan sikap terhadap loyalitas nasabah tabungan BNI Taplus Syari’ah Plus bersedia ikut dalam menjalankan program CSR yang ada pada BNI Syari’ah cabang pekanbaru, hasil penelitian yakni sebesar 65% atau sebanyak 65 orang dari 100 orang responden yang bersedia. Berdasarkan angket menyatakan bahwa sikap nasabah dalam penerapan program CSR mempengaruhi loyalitas nasabah BNI Taplus Syari’ah secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari sikap nasabah dalam penerapan program CSR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah BNI Taplus Syari’ah. Sedangkan penerapannnya belum sepenuhnya diterapkan berdasarkan prinsip atau standar CSR berdasarkan ekonomi Islam yang mengacu pada Al-Quran dan hadist. Kata Kunci: CSR, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:17
Last Modified: 07 Dec 2016 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9415

Actions (login required)

View Item View Item