Jamilah (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM MEMPELAJARI MATERI AKHLAK YANG TERMAKTUB PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH-KISAH NABI MELALUI METODE GROUP INVESTIGASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 002 SUNGAI LIMAU KECAMATAN PUSAKO KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011205.pdf Download (946kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang baiknya motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang disebabkan oleh beberapa gejala, diantaranya Dalam proses pembelajaran anak lebih banyak disibukan dengan urusannya masing-masing tanpa memperhatikan penjelasn guru, Pembelajaran cendrung berjalan satu arah, hanya menyampaiakan materi pelajaran, tanpa adanya hubungan timbal balik, seperti tanya jawab atau pun diskusi kelas anak tidak respon terhadap pelajaran, dan Anak kurang bergairah untuk belajar, bahkan sebagian ada yang mengantuk ketika proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar PAI Pada materi kisah nabi dapat ditingkatkan dengan Penerapan Metode Group Investigasi pada murid kelas V SDN 002 Sungai Limau Kecamatan Pusako Kabupaten Siak?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Materi kisah-kisah nabi Melalui Penerapan Metode Group Investigasi. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SDN SDN 002 Sungai Limau Kecamatan Pusako Kabupaten Siak. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya penerapan Metode Group Investigasi dalam mata pelajaran PAI, karena strategi ini memberikan suatu peran aktif terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Strategi ini juga membantu siswa dalam memikirkan informasi yang baru dari apa yang dibacanya. Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 48,6% dengan kategori rendah. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa mencapai dengan rata-rata persentase 58,6% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 67,1% dengan kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 22 Dec 2015 04:03 |
Last Modified: | 22 Dec 2015 04:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/94 |
Actions (login required)
View Item |