Arfina Dona (2012) STRATEGI PEMASARAN ASURANSI SIAGAKOE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Unit Layanan Syariah Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012225EI.pdf Download (645kB) | Preview |
Abstract
Pada saat ini perusahaan asuransi berbasis syariah sudah mulai berkembang, hal ini mengharuskan setiap perusahaan untuk lebih kreatif dalam membuat strategi pemasaran produk-produk mereka. Termasuk salah satunya PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (disingkat BUMIDA Bumiputera) Unit Layanan Syariah Pekanbaru yang terletak di Jln. A. Yani No. 85B. Perusahaan ini membagi produk mereka ke dalam dua jenis yaitu produk standar (memberikan benefit standar) dan produk paket koe (memberikan benefit standar di tambah dengan benefit lainnya sesuai dengan produk tersebut). Salah satu produk paket koe adalah siagakoe syariah merupakan jenis produk yang memberikan benefit berupa jaminan meninggal dunia, jaminan cacat tetap, jaminan biaya pengobatan yang diakibatkan kecelakaan plus benefit lain seperti santunan biaya pemakaman, santunan biaya ambulans, santunan santunan biaya expatriasy (biaya untuk membawa jenazah yang meninggal di luar negeri), santunan biaya proteche (biaya untuk bantuan alat gerak akibat cacat tetap kecelakaan), dan tidak ada biaya administrasi (gratis). Kemudian bagaimana BUMIDA Bumiputera unit layanan syariah Pekanbaru memasarkan produk ini kepada pangsa pasar. Dan bagaimana pula perspektif ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran yang mereka lakukan. Untuk dapat menjawab permasalahan yang dikemukakan di atas, penulis akan menjabarkannya dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil sampel sebanyak 7 (tujuh) orang dari 51 (lima puluh satu) orang populasi yang ada di perusahaan ini. Cara pengambilan sample ini dilakukan secara purposive sampling yaitu, mengambil sample yang sesuai dengan sumber-sumber yang dapat menjawab rumusan permasalahan penulis. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawanaca kepada narasumber, observasi lapangan dokumentasi ditambah dengan studi kepustakaan yang relevan terhadap penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep strategi yang dilakukan berupa pembagian segmentasi pasar kedalam tiga kelas yaitu koroprasi umum, korporasi khusus, dan non korporasi (retail), selanjutnya proses targetting terhadap segmentasi yang telah ditentukan, korporasi umum yaitu institusi swasta berbasis syariah, institusi swasta yang bukan berbasis syariah dan institusi apapun atau perorangan yang menginginkan asuransi syariah. Korporasi khusus yaitu institusi pemerintahan yang berbasis syariah seperti Departemen Agama, dan institusi pemerintah yang bukan berbasis syariah. Non korporasi atau retail yaitu nasabah yang sudah tergabung dalam AJB Bumiputera, perorangan ataupun badan hukum yang menginginkan produk syariah yang keseluruhan segmentasi harus sesuai dengan standarisasi dalam penentuan pangsa pasar. Proses strategi pemasaran perusahaan tersebut dilanjutkan dengan penentuan program dalam memasarkan produk-produk mereka sesuai dengan target yang akan dipilih. Dalam melaksanakan strategi pemasaran perusahaan ini mengedepankan norma-norma yang berlaku. Adapun norma-norma terssebut antara lain jujur dalam memberikan informasi produk, murah hati dalam melayani konsumen, dan profesional dalam bekerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:53 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9389 |
Actions (login required)
View Item |