Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN PERIKLANAN (ADVERTISING) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PUPUK PADA CV. SEJAHTERA MAJU BERSAMA DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Leman Rambe (2012) PERANAN PERIKLANAN (ADVERTISING) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PUPUK PADA CV. SEJAHTERA MAJU BERSAMA DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012217EI.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya perusahaan yang melakukan kegiatan periklanan untuk menarik minat konsumen, Kegiatan periklanan ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, namun juga dilakukan oleh perusahaan yang kecil, khususnya perusahaan pemasaran, seperti CV. Sejahtera Maju Bersama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk periklanan (advertising) CV. Sejahtera Maju Bersama, bagaimana peran periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama dan Bagaimana Tinjauan ekonomi Islam Terhadap peranan periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama, bagaimana peranan periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peranan periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan bagi penulis terntang peranan periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera maju Bersama dan sebagai salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana Ekonomi Syari’ah. Penelitian ini berlokasi di CV. Sejahtera Maju Bersama Desa Tanjung Siram Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara, subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan bagian pemasaran CV. Sejahtera Maju Bersama, sedangkan objeknya adalah peranan periklanan (advertising) dalam meningkatkan penjualan pupuk pada CV. Sejahtera Maju Bersama. Ditinjau menurut ekonomi Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode penulisan yang digunakn adalah deduktif, induktif, dan deskriptif terhadap data primer dan skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama terdiri dari media cetak, media out door (diluar ruangan), media elektronik pada stasiun-stasiun radio lokal di Kabupaten Labuhan Batu dan pemberian khusus kepada konsumen yang loyal. Peranan periklanan (advertising) pada CV. Sejahtera Maju Bersama adalah memberikan informasi produk yang murah dan berkualitas, membujuk/ mempengaruhi para petani agar menggunakan pupuk yang ditawarkan, dan mengingatkan kepada konsumen agar terus menggunakan pupuk tersebut, dengan tujuan agar volume penjualan dapat tercapai sesuai target yang telah ditetapkan oleh CV. Sejahtera Maju Bersama. Promosi dalam Islam pada dasarnya boleh selama tidak menyalahi aturan-aturan yang ditetapkan oleh syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:48
Last Modified: 07 Dec 2016 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9382

Actions (login required)

View Item View Item