Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SYARIAH CABANG PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

Hardiyudi (2012) IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SYARIAH CABANG PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012216EI.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI )Syariah Cabang Pekanbaru menurut Ekonomi Islam”. Perbankan merupakan bagian penting dari sistem keuangan guna kelancaran kegiatan perekonomian suatu negara. Bank syari`ah merupakan alternatif bagi masyarakat dalam memlilih perbankan yang sesuai dengan dasar syari’ah. Perbankan syari’ah juga terbukti dapat bertahan dalam kondisi krisis ekonomi Indonesia dalam akhir dekade lalu. Perubahan dalam dunia usaha yang semakin cepat mengharuskan perusahaan untuk merespon perubahan yang terjadi. Problem sentral yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini adalah bagaimana perusahaan tersebut menarik pelanggan dan mempertahankannya agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang. Tujuan tersebut akan tercapai jika perusahaan melakukan proses pemasaran. Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi relationship marketing terhadap customer loyalty pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah cabang Pekanbaru ?. Bagaimana pandangan nasabah mengenai implementasi Relationship Marketing pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah cabang Pekanbaru ? Dan bagaimana hubungan Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty di Tinjauan menurut Ekonomi Islam ? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Relationship Marketing pada Bank Rakyat Indonesai (BRI) Syariah cabang Pekanbaru. Untuk mengetahui bagaimana pandangan nasabah mengenai implementasi Relationship Marketing pada BRI Syariah Cabang Pekanbaru. Hubungan Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty di Tinjauan menurut Ekonomi Islam. Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Pekanbaru. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah nasabah dan karyawan bagian marketing BRI Syariah dan yang menjadi objek adalah Implementasi Relationship Marketing pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah cabang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 253 orang Nasabah dan 4 orang Relationship Marketing. Maka peneliti menarik sampel sebanya 23% dari populai (59) orang Nasabah. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik ramdom sampling. Sumber data penelitian ini meliputi data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, angket. Metode analisa data menggunakan deskriftif kualitatif . Metode penulisan yang digunakan adalah induktif, deduktif, deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa pelayanan atau servis Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty sudah memuaskan bagi nasabah Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru, Relationship Marketing selalu bersimpati terhadap nasabah, dan memberikan penjelasan dengan baik terhadap para nasabah yang melakukan transaksi di BRI Syariah Cabang Pekanbaru. Relationship Marketing memberikan pelayanan yang maksimal dan mencurahkan kemapuan mereka, dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap nasabah dengan memberikan berbagai penjelasan dan keterangan, serta mendampingi nasabah yang ingin melakukan peminjaman atau berbagai transakasi di Bank BRI Syariah. Secara keseluruhan pelayanan oleh Relationship Marketing Bank BRI Syariah cabang Pekanbaru dilaksakan dengan baik, dalam pelaksaannya sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:45
Last Modified: 07 Dec 2016 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9380

Actions (login required)

View Item View Item